Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy.

Pemprov DKI Gelontorkan Rp2,7 Miliar untuk Dukung Y20 Summit

Fachri Audhia Hafiez • 02 Juli 2022 11:29
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelontorkan dana sekitar Rp2,7 miliar untuk mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 atau Y20 Summit. Kegiatan itu akan digelar di DKI Jakarta dan Jawa Barat.
 
"Adapun dukungan saya cek angkanya kalau tidak salah Rp2,7 miliar yang diberikan untuk kegiatan Y20," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam dalam konferensi pers virtual Y20 Summit, Sabtu, 2 Juli 2022.
 
Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh kegiatan yang merupakan salah satu Engagement Group dari KTT G20 itu. Forum Y20 diharapkan membawa pemikiran pemuda dan diteruskan kepada para kepala negara yang tergabung dalam KTT G20.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesepakatan dokumen (dari Y20) bisa ikut menentukan arah. Para pemuda inilah pemilik masa depan dan apa yang nanti mereka katakan itu perlu perlu dipikirkan sangat serius oleh pemimpin," ujar Anies.
 
Y20 membawa empat isu prioritas penting. Yakni, ketenagakerjaan pemuda; transformasi digital; planet yang berkelanjutan dan layak huni; serta keberagaman dan inklusi.
 

Baca: Usung Transformasi Digital, NTB Siap Gelar Pra KTT Y20


Isu-isu tersebut dinilai relevan untuk mencari pandangan dari pemuda. Terlebih, kata Anies, DKI Jakarta sebagai kota kolaborasi dan banyak berkumpul pemuda yang dinamis.
 
"Isu-isu tersebut ini semua ada case yang cukup banyak, ini kesempatan buat juga masyarakat agar muda di Jakarta nanti oleh pengelola G20 dilibatkan agar mereka bisa menunjukkan pengalamannya," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Y20 Summit akan dilaksanakan pada 17-24 Juli 2022 di DKI Jakarta dan Bandung. Forum itu adalah wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog.
 
Peserta Y20 akan mendeklarasikan keputusan bersama. Mereka juga bakal menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif