Ilustrasi sapi. Medcom
Ilustrasi sapi. Medcom

Antisipasi PMK Jelang Iduladha, Pemkot Jakpus Monitoring Pemasok Hewan Kurban

Hilda Julaika • 23 Mei 2022 11:50
Jakarta: Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi meminta Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) fokus mengawasi hewan kurban menjelang iduladha. Pengawasan penting untuk mengantisipasi masuknya hewan yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
Menurut Irwandi, pengawasan bisa dilakukan terhadap pemasok hewan kurban untuk pedagang pada pasar kecil maupun besar di wilayah Jakarta Pusat. "Pencegahan PMK melalui pengawasan supplier (pemasok) daging maupun hewan jauh lebih mudah," kata Irwandi, Senin, 23 Mei 2022.
 
Di sisi lain, Irwandi mengimbau para pedagang memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan dijual. Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi, memastikan akan lebih gencar melakukan monitoring terhadap hewan yang dijual pedagang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Penty, sejak 10 Mei 2022 pihaknya sudah melakukan pengawasan hewan ternak di pasar yang ada di wilayah Kecamatan Sawah Besar dan Tanah Abang. Selain itu, pihaknya sudah menyosialisasi dan mengedukasi pemilik hewan dan pedagang terkait penyakit PMK serta pentingnya kebersihan dan sanitasi kandang hewan.
 
"Sampai hari ini, kami belum menemukan adanya hewan yang terpapar PMK," kata dia.
 
Baca: Harga Sapi di Bandung Barat Naik Imbas Wabah PMK
 
 
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif