Dampak pembatasan usia calon jemaah haji. Foto: Dok/Metro TV
Dampak pembatasan usia calon jemaah haji. Foto: Dok/Metro TV

Puluhan Calon Jemaah Haji Batal Berangkat karena Batasan Usia

MetroTV • 24 Mei 2022 18:15
Sukabumi: Sedikitnya 75 calon jemaah haji asal Kabupaten Sumedang gagal berangkat ke Tanah Suci tahun ini karena terbentur aturan yang diterapkan Pemerintah Arab Saudi perihal batasan usia. Seorang calon jemaah haji bahkan mengaku kecewa karena sudah mendaftar sejak tahun 2013 lalu.
 
Sejumlah calon jemaah haji di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terpaksa membatalkan keberangkatannya di tahun 2022 karena kebijakan baru Pemerintah Arab Saudi mengenai batasan usia jemaah haji maksimal 65 tahun.
 
Salah satunya adalah Endang Darsono, seorang calon jemaah asal Sumedang Utara yang gagal berangkat karena usianya sudah menginjak 68 tahun. Padahal, Endang sudah mendaftarkan diri sejak tahun 2013 lalu dan seharusnya berangkat naik haji pada tahun 2020 kalau saja tidak terkendala oleh pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Endang mengaku kecewa, namun memilih pasrah. “Pasti semua orang juga kecewa. Tapi karena namanya juga ibadah, kita pasrah saja tergantung Allah yang menentukan harus gimana,” ujar Endang Darsono, Calon Jemaah Haji, dalam program Newsline, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Sementara itu, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Annur Muhammad Syandi mengatakan, sebelumnya kuota jemaah haji dikurangi sebanyak 50%. Kuota tersebut dikurangi lagi di tahun ini dengan adanya batasan usia bagi calon jemaah Haji yang berlaku di seluruh dunia. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif