Kepala Disdikpora, Agus Tri Harjono  memantau pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di Jepara beberpa waktu lalu. / medcom.id/ Rhobi Shani.
Kepala Disdikpora, Agus Tri Harjono memantau pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di Jepara beberpa waktu lalu. / medcom.id/ Rhobi Shani.

Disdikpora Jepara Beri Lampu Hijau Ujian Sekolah Tatap Muka

Nasional Sekolah Pembelajaran Daring Ujian Sekolah Pembelajaran Tatap Muka
Rhobi Shani • 14 April 2021 11:04
Jepara: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, telah menyiapkan dua skema pelaksanaan ujian sekolah (US) bagi siswa kelas IX SMP. Yaitu melalui tes tatap muka di sekolah dan sistem computer assisted test (CAT).
 
Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, mengatakan pelaksanaan US yang semula diagendakan sepekan, diubah menjadi dua pekan. Yaitu mulai 19 April 2021 hingga 1 Mei 2021. Sekolah diberikan kebebasan untuk memilih metode US.
 
"Kalau ada yang mau tatap muka ya, dipersilakan. Tentunya dengan penerapan prtokol kesehatan yang ketat. Tapi kalau mau (US) daring juga silakan, sudah kami siapkan dua-duanya," ujar Agus, Rabu, 14 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga kini, Disdikpora belum menerima permohonan dari sekolah yang akan melaksanakan US tatap muka. Bagi sekolah yang akan melaksanakan US tatap muka, harus mendapat izin dari Satgas Covid-19 dan surat persetujuan orang tua.
 
Baca: Sekolah Teledor, Disdikbud Kota Malang Ancam Tutup Uji Coba PTM
 
"Belum ada, sudah kami sampaikan kepada kepala sekolah silakan sekolah memilih," kata Agus.
 
Agus menilai, saat ini sekolah lebih siap melaksanakan US dalam jaringan (daring). Sebab, selama masa pandemi covid-19, sekolah sudah menerapkan pembelajaran daring dengan aplikasi yang sudah disiapkan.
 
"Rata-rata sekolah justru sangat siap kalau daring. Karena sudah ada aplikasi yang telah dipakai selama pembelajaran daring sejak pandemi ada," ungkap Agus.
 
Pembelajaran tatap muka sudah bisa dilaksanakan bagi sekolah yang guru-gurunya sudah divaksin covid-19. Namun, sampai saat ini baru beberapa sekolah yang gurunya sudah divaksin. Itu seperti SMPN 1 dan 2 Mayong, SMPN 1 Mlonggo,  SMPN 1 Keling, dan SMPN 2 Jepara.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif