Tim relawan mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Gambut yang rumahnya terendam. (ANTARA/Firman)
Tim relawan mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Gambut yang rumahnya terendam. (ANTARA/Firman)

Daerah Penyangga Kota Banjarmasin dan Banjarbaru Dikepung Banjir

Nasional banjir bencana alam bencana banjir
Antara • 15 Januari 2021 19:21
Banjarmasin: Wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang menjadi daerah penyangga Kota Banjarmasin dan Banjarbaru dikepung banjir pada Jumat, 15 Januari 2021.
 
"Banjir saat ini merata hampir di seluruh kelurahan dan desa di Gambut, ribuan warga dievakuasi," kata anggota Polsek Gambut, Bripka Rahmadani.
 
Ada tiga titik posko pengungsian yang disiapkan tim SAR gabungan dari Polres Banjar bersama TNI dan BPBD yaitu SDN 1 Gambut, Aula Kantor PU, serta Pasar Baru Gambut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para relawan dari barisan pemadam kebakaran (BPK) juga berdatangan membantu dalam proses evakuasi korban banjir yang masih terjebak di rumahnya dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih.
 
Tak hanya rumah penduduk, banjir juga menggenangi jalan nasional Ahmad Yani depan Pasar Kindai Limpuar Gambut, hingga ke Polsek Gambut sepanjang lebih kurang tiga kilometer.
 
Baca juga:  Jayapura Gelar Vaksinasi Covid-19 Perdana Besok
 
"Kemacetan pun terjadi sepanjang Jumat siang lantaran terjadi perlambatan arus kendaraan yang melintas di jalur ramai tersebut," kata dia.
 
Sementara Rahimah, salah satu warga terdampak banjir di Kampung Tapai Pamatang Jalan Pemajatan, Kelurahan Gambut, mengaku air telah meninggi sejak tiga hari terakhir. Dia sekeluarga pun mengungsi meski tak sempat menyelamatkan barang-barang di rumah yang terendam.
 
Kecamatan Gambut terletak di antara Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kawasan ini cukup padat pendudukdan lalu lintas kendaraan ramai lantaran menjadi jalur perlintasan utama antarkabupaten.
 
Banjir di Kabupaten Banjar memang telah meluas di 10 kecamatan selain Gambut. Aktivitas masyarakat lumpuh dan warga telah mengungsi kini membutuhkan bantuan makanan dan keperluan lainnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif