Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Aktivitas 4 Mahasiswa di Jateng Dipantau Petugas

Nasional virus korona
Mustholih • 02 Februari 2020 17:23
Semarang: Empat mahasiswa asal Jawa Tengah baru tiba dari Tiongkok diminta tetap mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Aktivitas mereka diawasi petugas Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarjo, Banyumas, Jawa Tengah, selama dua pekan.
 
"Nasihat kami agar jaga kesehatan, jangan kecapekan, makan cukup, dan keluar rumah harus pakai masker. Standar kita tetap melakukan pemantauan. Kalau merasakan batuk, pileg, dan demam, segera hubungi kami," kata Direktur RSUD Dokter Margono Soekarjo, Tri Kuncoro, saat dihubungi Medcom.id dari Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 2 Januari 2020.
 
Kuncoro mengatakan virus korona memiliki waktu 14 hari untuk berinkubasi di tubuh manusia. Dia mengungkap empat mahasiswa itu dinyatakan tidak terpapar infeksi virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka dibolehkan pulang ke rumah masing-masing begitu selesai menjalani pemeriksaan fisik, non-fisik, dan penunjang," ujarnya.
 
Dia menerangkan empat mahasiswa itu menjalani pemeriksaan setelah dijemput di Stasiun Purwokerto, Banyumas, pukul 21.30 WIB, Sabtu, 1 Februari 2020. Tim medis dari Instalasi Gawat Darurat dan Penyakit Infeksi Emerging RS Margono selesai memeriksa mereka pukul 01.30 WIB, Minggu dini hari, 2 Februari 2020,
 
"Hasil pemeriksaan fisik dan non-fisik tidak ada tanda-tanda apapun, baik demam, batuk, pilek, apalagi sesak nafas. Hasil Laboratorium dalam batas normal. Demikian juga Radiologi dalam batas normal," jelas Kuncoro.
 
Empat mahasiswa asal Jateng tengah menempuh studi di Henan dan Chongqing University, Tiongkok. Mereka memilih pulang kampung setelah merebak virus korona di Wuhan, Hubei, Tiongkok.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif