NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pekan Ini DIY Bisa Uji Laboratorium Virus Korona

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 17 Maret 2020 21:40
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait penyediaan lokasi pengujian sampel pasien yang diduga terjangkit virus korona Covid-19. Lokasi ngujian yang disiapkan ini berada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) DIY di Jalan Wonosari, Yogyakarta.
 
"Ini sudah kami koordinasikan dan sudah siap," kata juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih saat dihubungi, Selasa, 17 Maret 2020.
 
Berty mengatakan BTLKPP dengan kelengkapan peralatan uji covid-19 akan diresmikan pada Rabu, 18 Maret 2020. Sejumlah aspek disebut telah tuntas dipersiapkan. "Kalau koordinasi dengan BTKLPP dalam pengambilan sampel sudah kita lakukan selama pengambilan," jelas Berty.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ungkapan Berty ini dikuatkan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Desiase 2019 (Covid-19). Surat yang ditandatangani Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada 16 Maret 2020 ini menunjuk 12 lembaga yang memiliki kewenangan uji sampel pasien diduga terjangkit virus korona.
 
Sementara Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP, Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan, mengatakan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan BTKLPP. Sebagai salah satu rumah sakit rujukan, kata dia, RSUP Dr Sardjito berharap tindakan uji sampel bisa segera dilakukan.
 
"Kita berharap besok pagi bisa running. Kita menunggu Pemda kapan bisa running," kata Banu.
 
Banu mengatakan lembaga itu memiliki pengalaman dalam uji paparan penyakit dan virus. Ia menyebut lembaga itu pernah jadi lokasi uji kasus flu burung dan SARS. "Kapasitasnya bisa sangat kredibel," jelas Banu.
 
Apabila BTKLPP sudah berjalan, kondisi itu bisa memangkas waktu uji sampel pasien yang tengah diisolasi. Pasalnya, pasien yang diisolasi di rumah sakit rujukan di DIY harus mengantre di Balitbangkes untuk uji sampel dengan waktu tunggu dua kali 24 jam.
 
"Bisa memangkas waktu yang cukup cepat, sehari bisa ada hasil," pungkas Banu.
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif