NEWSTICKER
Pembangunan RS Karantina Covid-19 di Pulau Galang, Sabtu, 20Maret 2020. Medcom.id/Anwar Sadat G
Pembangunan RS Karantina Covid-19 di Pulau Galang, Sabtu, 20Maret 2020. Medcom.id/Anwar Sadat G

Pembangunan RS Korona Tersisa 26 Persen

Nasional Virus Korona
Anwar Sadat Guna • 21 Maret 2020 17:02
Batam: Ombudsman RI Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau melakukan inspeksi ke lokasi pembangunan Rumah Sakit (RS) Karantina Covid-19 (virus korona) di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu, 21 Maret 2020. Ombudsman menyakini progres pembangunan tersisa 26 persen.
 
"Pembangunannya sangat cepat dan bagus. Bangunannya dari bahan modular yang didatangkan khusus dari Jakarta," ungkap Kepala Kantor Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepri Lagat Parroha Patar Siadari, kepada Medcom.id, Sabtu, 21 Maret 2020.
 
Lagat mengungkap RS Karantina Covid-19 dibangun oleh Kementerian PUPR, dengan kontraktor Wika Gedung dan Waskita Karya. Jumlah seluruh pekerja konstruksi mencapai 500 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembangunannya terdiri dari tiga zona. Zona pertama adalah gedung pendukung eks (bekas) rumah sakit kamp Vietnam di Galang. Bangunan ini akan dijadikan mess karyawan, dokter, dan tim medis," ungkapnya.
 
Baca: Pembangunan RS Korona di Pulau Galang Ditarget Rampung 28 Maret
 
Sedangkan zona kedua, adalah gedung observasi dengan 240 ruang rawat. Satu ruang rawat terdiri dari lima tempat tidur. Zona ketiga, kata Lagat, adalah gedung isolasi dengan 36 kamar.
 
"Satu ruang isolasi hanya terdapat satu tempat tidur," urainya.
 
Seluruh bahan bangunan terbuat dari bahan modular yang didatangkan langsung oleh Wika Gedung dari Jakarta.
 
"Tadi malam sekitar pukul 23.00 tiba dari Jakarta, dan langsung dirakit oleh pekerja. Bahan dan kualitasnya sangat bagus. Dibangun dengan cepat dan sesuai dengan dengan jadwal," ujarnya.
 
Pihaknya mengapresiasi pemerintah dengan cepat membangun RS Karantina Covid-19 di Pulau Galang. Lagat menyakini progres pembangunan tersisa 26 persen.
 
"Kendalanya mungkin faktor cuaca karena semua bahan modular dari WIKA Gedung didatangkan dari Jakarta menggunakan kapal laut. Mudah-mudahan pada 26 Maret sudah rampung," tambahnya.
 
Dia menerangkan setelah pekerjaan konstruksi selesai, selanjutnya adalah pengadaan alat kesehatan. Dia mengungkap pengadaan alat kesehatan didatangkan dari Kementerian Kesehatan.
 
"Dalam beberapa hari ke depan alkes kita harapkan sudah tiba dari Jakarta," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif