ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Melonjak pada Akhir Pekan

Nasional penerbangan
Hendrik Simorangkir • 20 Agustus 2020 20:13
Tangerang: PT Angkasa Pura II memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang dan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pascalibur panjang pada akhir pekan.
 
Libur panjang akhir pekan ini berdasar keputusan pemerintah pusat bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1442 Hijriah.
 
"Kami prediksi arus balik di hari Minggu besok ini akan tembus angka di atas 500 (pesawat) dan ini kami antisipasi penanganan kedatangan," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, Kamis, 20 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sekolah di Malang Diminta Siapkan Dua Skema Pembelajaran
 
Agus mengatakan untuk aktivitas penerbangan pesawat pada akhir pekan lalu juga mengalami lonjakan menyentuh angka 513 aktivitas penerbangan terhitung sejak 14 Agustus 2020. Agus mengatakan pihaknya sudah menyiapkan antisipasi untuk arus balik jika lonjakan penumpang melebihi prediksi.
 
"Karena sebaran cukup panjang, sekitar 10 hari. Mungkin para pengguna jasa punya cukup waktu sehingga sebarannya ini agak merata. Justru kami antisipasi pada arus balik karena kecenderungan masyarakat untuk memilih hari terakhir," jelas Agus.
 
Angka yang tembus sampai di atas 500 penerbangan sehari di Bandara Soekarno-Hatta pun tercatat sebagai jumlah terbanyak selama pandemi covid-19. Kendati demikian angka tersebut masih jauh di bawah rata-rata jumlah penerbangan pada waktu normal di Bandara Soekarno-Hatta yang mencapai 1.200 penerbangan perhari.
 
"Jadi kita perlahan memang berharap penerbangan berangsur normal, tapi kita sadar bahwa penanggulangan dan penanganan covid ini belum selesai dan kita dalam posisi siaga dan waspada," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif