Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)

Pemkot Malang Tunggu Kejelasan Penyederhanaan Eselon

Nasional ASN
Daviq Umar Al Faruq • 30 Oktober 2019 15:39
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, enggan mengomentari rencana Presiden Joko Widodo memangkas kepangkatan aparatur sipil negara (ASN).
 
"Saya belum tahu kongkretnya seperti apa, jadi nggak berani komentar nanti keliru. Implementasinya sampai di bawah kan saya belum tahu," katanya, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Presiden Jokowi sebelumnya meminta agar sistem kepangkatan ASN disederhanakan menjadi dua level. Jokowi menilai empat level eselon di sistem kepangkatan ASN terlalu banyak dan perlu disederhanakan demi birokrasi yang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau soal eselon III dan IV kami belum komen karena kejelasannya belum ada. Bisa jadi yang dimaksud Presiden itu yang di kementerian. Kalau di kementerian itu mungkin. Kalau di daerah saya belum bisa menjawab karena masih ada PP (Peraturan Pemerintah)-nya," ungkap Sutiaji.
 
Lebih lanjut, kata Sutiaji, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah telah disebutkan beberapa ketentuan terkait jabatan perangkat daerah.
 
"Di situ dituliskan contohnya Sekda Provinsi itu eselon Ib. Lalu Sekda Kota itu eselon IIa. Ini masih ada eselonnya, masih utuh sampai eselon 4. Jadi saya belum bisa menjawab karena masih ada PP-nya," pungkas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif