Puluhan bangunan karaoke di lingkungan Masjid Agung Jawa Tengah dibongkar paksa. Foto: Medcom.id/Mustholih
Puluhan bangunan karaoke di lingkungan Masjid Agung Jawa Tengah dibongkar paksa. Foto: Medcom.id/Mustholih

Puluhan Bangunan Karaoke di Sekitar Masjid Agung Diratakan

Nasional penggusuran
Mustholih • 06 November 2019 15:18
Semarang: Puluhan bangunan liar di sekitar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)diratakan menggunakan dua alat berat. Bangunan tersebut semula digunakan untuk bisnis karaoke.
 
"Keberadaan bisnis karaoke yang berjarak 200-an meter dari Masjid Agung Jawa Tengah dirasa mengganggu kenyamanan umat Islam setempat. Kami bersyukur penertiban didukung komponen masyarakat Jawa Tengah. Tadi sudah kita ratakan," kata Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto, di lokasi pembongkaran, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 6 November 2019.
 
Fajar menerangkan para pengelola karaoke tidak mengantongi izin bisnis ke Pemerintah Kota Semarang. Selain itu para pengelola juga menempati lahan yang bukan hak milik mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang lebih fatal, mereka mengganggu kenyamanan dalam beribadah di lingkungan MAJT," tegas Fajar.
 
Pembongkaran paksa dimulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Selama pembongkaran tidak ada perlawanan dari para pengelola karaoke.
 
Dia mengungkap sebanyak 40 bangunan permanen dibongkar. Namun hanya 20 bangunan yang rata dengan tanah.
 
"Sisanya, saya beri waktu maksimal tiga hari. Saya berani tegaskan seluruh bangunan karaoke di lingkungan Masjid Agung pasti akan dibongkar," jelasnya.
 
Fajar menuturkanbangunan karoke yang kini rata dengan tanah sudah pernah disegel. Namun para pengelola membandel dengan membuka segel di bangunan karaoke.
 
"Maka kita bongkar. Apabila ada bangunan lagi langsung kita bongkar lagi," jelas Fajar.
 
Pengurus remaja Masjid Agung Jawa Tengah Iwan Cahyono yang turut menyaksikan proses pembongkaran memuji keberanian Satpol PP Kota Semarang. Iwan menyatakan Takmir MAJT tidak senang dengan keberadaan bangunan karaoke di dekat masjid.
 
"Saat ini seluruh karaoke di sini sudah menjadi perhatian Jawa Tengah. Akan kami kawal sehingga tidak ada tempat-tempat maksiat di seluruh masjid," tegas Iwan.
 
Iwan memastikan pembongkaran seluruh bangunan karaoke di lingkungan Masjid Agung. Sisa bangunan yang belum dibongkar, kata Iwan, sudah harus dikosongkan paling lambat Kamis, 7 November 2019.
 
"Mohon segera dikosongkan. Karena akan dibongkar," ujar Iwan.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif