Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

3.743 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Sulsel

Nasional puting beliung
Muhammad Syawaluddin • 09 Januari 2020 18:56
Makassar: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan mencatat ada 3.743 rumah yang rusak akibat angin puting beliung di beberapa daerah di wilayah Sulawesi Selatan selama sepekan terakhir.
 
Dari data Pusat pengendalian operasi (Pusdalops), BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, puting beliung terjadi di empat kabupaten di Sulawesi Selatan yakni Kabupaten Sidrap, Pinrang, Wajo, dan Parepare.
 
"Yang paling banyak di Kabupaten Sidrap dengan 1.802 Rumah," kata petugas data Pusdalops BPBD Sulsel, Hasriadi di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 9 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puting beliung juga merusak ribuan rumah di sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Sidrap. Ada yang rusak ringan hingga berat. Juga merusak empat sarana pendidikan, satu gedung serbaguna, empat kantor pemerintahan, 39 tempat usaha dan satu unit sarana ibadah.
 
Setelah Kabupaten Sidrap, Kota Parepare juga menjadi daerah dengan jumlah rumah rusak terbanyak akibat bencana angin puting beliung sekitar 800 unit. Kerusakan tersebut juga mengakibatkan dua orang mengalami luka.
 
"Ada dua yang luka dikarenakan tertimpa pohon dan balok reruntuhan rumah," jelas Hasriadi.
 
Dari data BMKG wilayah IV Makassar Sulawesi Selatan masih akan diguyur hujan ringan hingga empat hari ke depan. Prospek cuaca empat hari ke depan antara 9 sampai 12 Januari 2020 akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang.
 
BMKG wilayah IV Makassar merilis hujan Sedang Lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Pinrang, Parepare, Barru, Pangkajene (Sidrap), Gowa, Maros, Masamba, Malili, Makale, dan Rantepao.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif