Gubernur jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: MI/Hariyanto Mega)
Gubernur jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: MI/Hariyanto Mega)

Ganjar Minta Masyarakat Peka terhadap Ancaman Terorisme

Nasional terorisme
Mustholih • 16 Oktober 2019 18:40
Semarang: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warganya lebih peka dan peduli dengan lingkungan sekitar. Ia meyakini kepedulian antartetangga dapat menangkal ancaman radikalisme dan terorisme.
 
"Masyarakat harus mengerti, siapa tetangga dan tamu mereka. Saya minta semua tokoh masyarakat dan aparatur pemerintahan level paling bawah seperti RT dapat memantau dan menjalankan ini," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Menurut Ganjar, peran masyarakat begitu penting membantu pemerintah memerangi radikalisme dan terorisme. "Saya usulkan ada ronda jenis baru di Jawa Tengah dengan memastikan tetangga dan tamu adalah orang baik-baik dan tidak bermasalah," tegas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepedulian antartetangga, kata Ganjar, dinilai mampu mendeteksi gerak kejahatan terorisme. Hal ini juga membantu lingkungan masyarakat memetakan siapa tetangga yang tak mau diajak bertemu atau berkumpul.
 
"Akan ketahuan siapa mereka, kepentingannya apa. Ini harus ditindaklanjuti, apakah didatangi, diberitahu dan dilakukan tindakan-tindakan lainnya," jelas Ganjar.
 
Ia melanjutkan, sulit bagi pemerintah mengidentifikasi potensi terduga terorisme tanpa bantuan warga. "Kalau masyarakat mau membantu, tentu tugas pemerintah akan semakin mudah dan kita semua bisa hidup tanpa rasa takut," terang Ganjar.
 
Ganjar memperingatkan paham terorisme sudah menyusupi sendi-sendi sosial. Bahkan, institusi pemerintahan, pendidikan, dan TNI/Polri pun kini sudah tidak bebas dari paham terorisme.
 
"Mari kita serius dalam upaya sosialisasi, antisipasi dan melawan terorisme," pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif