5.762 DPT Ganda ditemukan Bawaslu Tangsel

Farhan Dwitama 13 September 2018 11:42 WIB
pilegpilpres 2019
5.762 DPT Ganda ditemukan Bawaslu Tangsel
ilustrasi Medcom.id
Tangerang: Sebanyak 5.762 daftar pemilih tetap (DPT) ganda ditemukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangerang Selatan. Pemilih ganda itu ditemukan karena kesalahan dalam penginputan data pemilih. 

Hal itu ditegaskan Komisioner Bawaslu Tangsel bidang Pengawasan Slamet, yang menemukan sejumlah persamaan data pemilih dari Daftar Pemilih Tetap yang terdata saat ini.

“Indikasinya ada 5.762 DPT Ganda yang kami dapati. Baik itu nama, alamat yang sama dan ganda kelurahan, yaitu identitas yang sama di kelurahan berbeda,” katanya Kamis, 13 September 2018 di hubungi. 


Menurut dia, gandanya data pemilih itu, diduga akibat kesalahan pada proses pengunggahan data oleh petugas dan mutasi penduduk yang tidak terdata di kantor kelurahan. 

"Indikasinya ada di proses penguploadan oleh petugas. Jadi ketika di PPS, di PPK data itu diupload sudah benar. Cuma loading internet tidak bisa diduga, dia klik dua kali itu bisa masuk dua kali, nah itu penyebab ganda utama, itu ganda identik,” terang Slamet. 

Sementara untuk data ganda Kelurahan lanjutnya, baru akan terdeteksi setelah dikumpulkan seluruh data dari kabupaten kota. 

Menurut dia, daftar pemilih tetap (DPT) yang ganda secara identik ataupun ganda antar kelurahan, yang ditemukan itu sebanyak 5.762 data. 

Bawaslu Tangsel berharap KPU, dapat menelusuri dan ditindaklanjuti berdasarkan hasil rapat pleno yang akan dilakukan hari ini. 

“Kita akan plenokan hari ini, selanjutnya berdasarkan rekomendasi itu, KPU yang akan bertindak,” ucap dia.

Saat ini tercatat ada 841.194 DPT terdata di Pemilihan 2019 ini. 




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id