Sekolah Negeri Masih Jadi Favorit
Calon peserta didik baru mendaftar ke sekolah negeri di Tangerang Selatan, Rabu 4 Juli 2018. Medcom.id/Farhan Dwitama
Tangerang: Menyekolahkan putra-putri kesayangan di sekolah terbaik jadi tujuan setiap orang tua. Harapannya, putra-putri kesayangan bisa unggul dalam segala prestasi akademik dan non-akademik.

Dalam musim pendaftaran siswa baru 2018 ini, sekolah negeri masih menjadi favorit. Tren memburu kursi di sekolah negeri masih mengalahkan sekolah swasta.

Beragam alasan. Mulai dari biaya sekolah yang grais, kualitas pendidikan yang mulai unggul, serta prestise orang tua dan murid.


Lia, warga Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, salah satunya. Meski putranya dulu menimban ilmu di sekolahk dasar swasta ternama, SMP negeri masih jadi pilihan.

"Sekarang sekolah negeri sudah jauh berbeda dengan zaman kita dulu, pastinya lebih hemat biaya," ucap Ibu rumah tangga ini ditemui di SMPN 17, Tangerang Selatan, Rabu, 4 Juli 2018.

Antusiasme serupa juga ditunjukkan Sugeng, warga Griya Jakarta. Dia mengaku ingin menyekolahkan putra kesayangannya di sekolah negeri karena alasan 'dekat rumah'.

"Murah, malah kalau Tangsel SMP sudah gratis. Pastinya saya sebagai orang tua ingin anak saya bertarung dulu dengan banyak siswa lain untuk masuk sekolah negeri,” kata dia.

Dia mengaku kualitas pendidikan di sekolah negeri di Tangsel tak kalah jauh dengan sekolah swasta di Tangsel. Tapi prestise tetap jadi motif pendorong.

"Rasanya, (sekolah) negeri memang lebih (gengsi) kalau dibanding swasta," kata dia.

Namun, Lia dan Sugeng sama-sama tak mematok putra-putrinya harus bisa masuk sekolah negeri. Mereka juga mendaftarkan putra-putrinya di sekolah swasta sebagai antisipasi.

"Tapi kan sekarang sekolah swasta enggak mau buka pendaftaran di akhir. Biasanya lebih awal sebelum sekolah negeri buka pendaftaran," ucap dia.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id