Salah seorang warga korban gempa Cianjur dirujuk ke RS lain di Jawa Barat. (Medcom.id/Roni K)
Salah seorang warga korban gempa Cianjur dirujuk ke RS lain di Jawa Barat. (Medcom.id/Roni K)

56 Korban Gempa Cianjur Antre Tunggu Jadwal Operasi di RSHS Bandung

Media Indonesia • 24 November 2022 13:23
Bandung: Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung tengah merawat 84 korban gempa Kabupaten Cianjur. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat merinci, 56 di antaranya kini tengah
menunggu antrean untuk mendapat tindakan operasi.
 
"Di RSHS sampai kemarin telah merawat sebanyak 84 orang dan 56 pasien dalam antrean operasi. Semua biaya perawatan korban gempa Cianjur ditanggung oleh Pemprov Jabar. Kami pihaknya juga sudah menugaskan rumah sakit di wilayah lain untuk menerima rujukan pasien yang terkena dampak gempa," kata Kadinkes Jabar Nina Susana Dewi di Bandung, Kamis, 24 November 2022.
 
Menurut Nina, nanti bila kesiapan di Cianjur terbatas, beberapa pasien akan dibawa ke rumah sakit-rumah sakit yang bisa melakukan operasi. Pemprov Jabar menyiapkan anggaran Rp20 miliar untuk penanganan gempa Cianjur. Dana yang bersumber dari anggaran bantuan tidak terduga (BTT) APBD Jabar ini disiapkan selama masa tanggap darurat.
 
Baca: Korban Gempa Cianjur Dirujuk ke Sejumlah RS se-Jabar

"Selain anggaran dari APBD, Presiden Joko Widodo juga sudah berkomitmen membantu rehabilitas kerusakan rumah warga yang terdampak gempa. Bantuan bakal diberikan senilai Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rusak ringan dan Rp10 juta untuk rusak sedang," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komitmen bantuan ini, lanjut Nina akan terus disosialisasikan, untuk rehabilitasi rumah korban dananya APBN yang berada di BNPB. Sementara itu, Polrestabes Bandung juga telah mengirimkan ribuan paket makanan, sembako, dan pakaian layak pakai untuk warga Kabupaten Cianjur.
 
Selain itu beberapa tenaga medis juga dikirimkan untuk diperbantukan menangani para korban bencana tersebut. Plt Wakapolrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiyono mengatakan, bantuan tersebut telah dikirimkan ke Kabupaten Cianjur pada Selasa, 22 November kemarin dan diantar langsung ke posko yang menjadi tempat evakuasi para korban.
 
"Alhamdulillah kami dari PJU Polrestabes Bandug dan Polsek jajaran memberikan bantuan kepada saudara kita di Cianjur yang menjadi korban bencana gempa," ujarnya.
 
Menurut Asep bantuan yang dikirimkan di antaranya merupakan paket sembako dan beras. Selain itu pihaknya juga mengirimkan sejumlah paket pakaian untuk para korban bencana. Bantuan yang dikirimkan, yaitu 490 dus mi instan, 64 minyak goreng, 87 paket pakaian, 87 paket sembako, selimut layak pakai, dan 1,5 ton beras.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif