Telur. Foto : MI/Bary.
Telur. Foto : MI/Bary.

Harga Telur Anjlok, Peternak di Jateng Pilih Afkir Dini Ayamnya

Nasional Harga Sembako Peternakan komoditas
Rhobi Shani • 05 November 2021 18:44
Semarang: Harga telur ayam di Provinsi Jawa Tengah turun drastis. Satu kilo telur ayam di Jawa Tengah dihargai Rp14 ribu dari harga acuan Rp19-21 ribu yang ditetapkan Pemerintah.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Agus Wariyanto, mengatakan akibat turunnya harga telur, banyak peternak ayam petelur merugi. Harga telur yang diserap dari peternak tak sebanding dengan biaya pakan yang dikeluarkan.
 
"Bahkan banyak yang harus mengafkirkan (memisahkan ayam tak produktif) ayam sebelum waktunya. Oleh karena itu, masyarakat Jateng diimbau untuk membeli telur agar menyerap produk peternak. Ini melalui Gerakan Peduli Peternak," kata Agus, Semarang, Jateng, Jumat, 5 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Harga Anjlok, Peternak di Blitar Minta Risma Serap Telur untuk Bansos
 
Untuk menekan kerugian di tingkat peternak, kata Agus, Pemerintah Provinsi membuat program nglarisi (menglariskan) produk peternak. Pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Provinsi diminta memborong telur para peternak Jateng.
 
"Hingga saat ini, pemesanan dari sejumlah OPD se-Jawa Tengah sudah mencapai 5.094 kilogram," jelas Agus.
 
Agus memperkirakan dalam beberapa waktu ke depan jumlah pemesanan telur akan terus bertambah. "Kami harapkan semua ASN bisa memesan dengan satu paket berisi 2 kilogram telur dengan harga Rp 40 ribu," paparnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif