Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel 5 tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Kota Tangerang, Kamis, 23 September 2021. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel 5 tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Kota Tangerang, Kamis, 23 September 2021. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

3 TPS Liar di Kota Tangerang Disegel

Nasional Sampah Lingkungan Hidup Kota Tangerang
Hendrik Simorangkir • 23 September 2021 18:47
Tangerang: Sebanyak 3 tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Kota Tangerang disegel. Penyegelan dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
"3 TPS liar berada di Gang Menteng Neglasari, Kota Tangerang," kata Kasubdit Penyidikan Pencemaran Lingkungan Hidup KLHK, Anton Sardjanto, di Kota Tangerang, Kamis, 23 September 2021.
 
Baca: Dua Warga Cilacap Diamankan saat Presiden Jokowi Berkunjung

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anton menjelaskan dengan disegelnya TPS liat tersebut, masyarakat dilarang beraktivitas kembali di tempat tersebut. Jika ada aktivitas, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi yang bersangkutan dan memberikan sanksi.
 
"Ada sanksi dan sudah jelas. Kita akan koordinasi dengan teman-teman Dinas Ligkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang," jelasnya.
 
Menurut Anton adanya TPS liar itu termasuk pelanggaran hukum karena terletak di bibir sungai. Pihaknya menambahkan akan melakukan pengumpulan bahan dan keterangan atas keberadaan tempat pembuangan tersebut.
 
"Ini kami tutup dan telah kami gunakan sebagai dasar nantinya untuk pengambilan bahan dan keterangan. Ketika sudah ada unsur-unsur pidana sesuai dengan UU Nomor 18 Tahun 2008, tidak menutup kemungkinan menuju proses pidana," ujarnya.
 
Anton menambahkan pihaknya sangat sulit mendeteksi keberadaan TPS liar di Kota Tangerang. "Kami akui TPS ilegal memang susah dideteksi," ucap dia.
 
Saat ditanya siapa yang bertanggungjawab atas pembuatan TPS tersebut, Anton mengaku pihaknya masih belum mengantongi nama dari pihak mana pun. "Untuk saat ini belum, intinya kita menghentikan kegiatan di sini," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif