ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)
ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)

Gempa Bumi Guncang Salatiga, Banyubiru dan Ambarawa

Nasional gempa Gempa Bumi jawa tengah BMKG
Media Indonesia.com • 23 Oktober 2021 11:24
Salatiga: Gempa bumi berkekuatan 3 magnitudo mengguncang Kota Salatiga, Banyubiru, dan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah Sabtu dini hari, 23 Oktober 2021, sekitar pukul 00.32 WIB. Sejauh ini belum ada laporan terjadinya kerusakan.
 
Pemantauan di lapangan, warga Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang tiba-tiba dikagetkan guncangan gempa bumi pada dini hari tadi, guncangan terasa empat kali tersebut membuat sebagian warga terbangun dan warga yang masih terjaga berlarian keluar rumah karena khawatir rumah ambruk.
 
Berdasarkan data diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi sekitar pukul 00.32 WIB tersebut berpusat di daratan 13 KM Barat Laut Kota Salatiga tepatnya di 7.29 LS 110 38 BT dengan kedalaman 6 kilometer dirasakan hingga Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Kapasitas Bioskop Ditambah, Tempat Duduk Diatur Couple-Single
 
Menurut keterangan sementara diduga gempa bumi yang terjadi di kawasan Salatiga, Banyubiru, dan Ambarawa terjadi karena adanya penggeseran lempeng Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Rawa Pening. 
 
Meskipun terasa cukup kencang di Kota Salatiga dan sekitarnya, namun sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut, bahkan hingga diturunkan berita ini pukul 11.00 WIB gempa masih dirasakan di kawasan Salatiga, Banyubiru dan Ambarawa.
 
"Kami kaget saat awal gempa hingga terbangun dari tidur, bahkan sampai siang ini masih ada gempa meskipun tidak terlalu besar tapi tetap menakutkan," ujar Suko, 36, warga Ambarawa, Kabupaten Semarang. (Akhmad Safuan)

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif