Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Uji Vaksin Covid-19 Akan Disaksikan Presiden Jokowi

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Roni Kurniawan • 10 Agustus 2020 20:33
Bandung: Presiden Joko Widodo dijadwalkan menyaksikan langsung proses uji klinis vaksin covid-19 yang dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjajaran (RSP Unpad), Selasa, 11 Agustus 2020. Sebanyak 21 relawan akan berpartisipasi dalam penelitian tersebut.
 
"Rencananya ada Pak RI 1 (Presiden Jokowi) datang langsung," ujar Pakar Mikrobiologi Klinik FK Unpad, Surnayati Sudigdoadi, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Menurut Surnayati, penyuntikan vaksin pertama terhadap 21 subjek hanya akan dilakukan di RSP Unpad. Sedangkan di lima tempat lain yakni Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Dago, Puskesmas Cimbeuleuit, Puskesmas Sukapakir, dan Puskesmas Garuda, baru akan memulai visit 0 atau wawancara para relawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Berikut 5 Tahapan Uji Vaksin Covid-19 yang Dimulai Besok
 
"Kalau di jadwal proses uji klinis visit 0 memang baru dilaksanakan Selasa, 11 Agustus 2020. Tapi untuk di Eyckman (RSP Unpad) tahapannya dimajukan sehari. Jadi besok sudah masuk tahap penyuntikan vaksin terhadap 21 subjek itu," jelas dia.
 
Berdasarkan jadwal, Presiden Jokowi akan meninjau pelaksanaan uji vaksin covid-19 di RSP Unpad, sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa, 11 Agustus. Setelah itu, Presiden melanjutkan kunjungan ke PT Bio Farma yang akan menjadi tempat produksi vaksin jika uji klinis berhasil.
 
Sebelumnya, Surnayati menjelaskan ada lima tahapan kunjungan atau visit yang dilakukan terhadap subjek dalam pengujian vaksin. Penelitian dimulai dari visit 0 yakni wawancara hingga visit 4 yang merupakan pemeriksaan sampel darah subjek guna melihat pembentukan antibodi usai mendapatkan dua kali suntikan placebo.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif