NEWSTICKER
GUbernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
GUbernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)

Jatim Siapkan 1.613 Hospital Bed untuk Pasien Korona

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 22 Maret 2020 17:55
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyiapkan 1.613 hospital bed atau tempat tidur pasien di 62 rumah sakit rujukan untuk penanganan virus korona se-Jawa Timur. Ribuan tempat tidur itu akan digunakan pasien positif korona (covid-19), pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang dalam pemantauan (ODP).
 
"Ruang observasi kita siapkan seperti halnya di Natuna. Masyarakat yang melakukan isolasi dipastikan makan makanan bergizi. Kemudian pengecekan kesehatan berkala, olahraga, dan dimotivasi untuk tetap semangat," kata Khofifah, di Surabaya, Minggu, 22 Maret 2020.
 
Dari 1.613 bed itu, lanjut Khofifah, terdiri dari 525 bed untuk ruang isolasi, 388 bed pengembangan ruang isolasi di 62 RS rujukan, dan 700 bed ditempatkan di ruang observasi. Ruang observasi tersebut dibuka untuk masyarakat yang berstatus ODP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Layanan ini penting karena dimungkinkan ODP itu kesulitan melakukan isolasi diri di rumah," jelasnya.
 
Baca:Khofifah Siapkan Penghargaan untuk Tenaga Medis di Jatim
 
Khusus untuk ruang observasi, Khofifah mengaku akan menyiapkan sejumlah gedung milik Pemprov Jatim. Di antaranya, asrama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Surabaya sebanyak 400 bed, asrama BPSDM di Malang sebanyak 100 bed, asrama Koni sebanyak 100 bed, dan gedung baru RS Dolopo Madiun sebanyak 100 bed.
 
"Gedung baru RS Dolopo sudah terintegrasi, tapi jalannya terpisah dari pasien umum dengan ruang radiologi yang gedungnya juga baru dibangun," imbuh dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif