Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Ombudsman Banten Terima Puluhan Aduan Bansos Covid-19

Nasional Virus Korona
Hendrik Simorangkir • 15 Mei 2020 18:26
Tangerang: Posko pengaduan daring Ombudsman perwakilan Provinsi Banten dibanjiri aduan dari masyarakat. Aduan terbanyak melaporkan terkait bantuan sosial (bansos) terdampak covid-19.
 
"Sejak posko dibuka 29 April 2020, banyak laporan masuk dan didominasi oleh permasalahan bansos dari pemerintah," kata Kepala Ombudsman Provinsi Banten, Dedy Irsan, saat dikonfirmasi, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Baca:Pasien Positif Covid-19 di Kediri Jadi 25 Orang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dedy mengatakan di posko tersebut hingga saat ini telah menerima sebanyak 41 laporan dari masyarakat, 38 di antaranya adalah soal bansos bagi warga terdampak covid-19.
 
"Sisanya tiga laporan dari dua laporan terkait layanan keuangan dan satu laporan tentang layanan transportasi," jelas Dedy.
 
Dedy merinci asal pengaduan yang masuk ke Ombudsman Banten didominasi dari wilayah Tangerang Raya. Terdapat 10 laporan berasal dari Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang delapan aduan, dan Kabupaten Tangerang tujuh laporan.
 
"Selebihnya merupakan aduan yang berasal dari Kabupaten Serang sebanyak lima laporan, Kota Serang dua aduan, Kabupaten Pandeglang dua laporan, dan Kabupaten Lebak satu laporan," jelas Dedy.
 
Menurut Dedy berdasarkan laporan yang diterima Ombudsman Banten secara umum masyarakat memandang prosedur dan persyaratan menerima bantuan tidak jelas dan banyak masyarakat terdampak tidak menerima bantuan.
 
Penerima bansos pun dipandang tidak tepat karena ada yang lebih membutuhkan serta warga pendatang yang tidak mendapatkannya.
 
"Selain itu jumlah bantuan yang diterima tidak sesuai, ada juga yang tidak dapat bantuan karena tidak memiliki KTP/KK, serta masih adanya pungli dari aparat di lapangan," jelasnya.
 
Dedy menambahkan pihaknya akan mendorong baik dari pemerintah pusat, daerah, hingga desa dan aparat RT/RW bersinergi dan segera disusun ketentuan yang mengintegrasikan pendataan sekaligus menjadi pedoman bagi pelaksanaan penyaluran di lapangan.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif