Suasana penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran Dana Desa (DD) di Brebes, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Suasana penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran Dana Desa (DD) di Brebes, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Bupati Brebes Salurkan BLT Dana Desa

Nasional Virus Korona Bantuan Langsung Tunai
Kuntoro Tayubi • 18 Mei 2020 23:59
Brebes: Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) di Brebes, Jawa Tengah, mulai disalurkan, Senin, 18 Mei 2020. Bupati Brebes, Jawa Tengah, Idza Priyati, menyerahkan langsung bantuan kepada penerima di sebuah aula, Kecamatan Salem.
 
“Penyaluran bantuan dari realisasi anggaran DD sengaja digulirkan untuk percepatan penanganan dampak covid-19. Alhamdulillah, mulai hari ini BLT dari Dana Desa bisa tersalurkan," ucap Idza.
 
Saat ini, banyak sumber bantuan untuk warga terdampak covid-19 yang disalurkan. Antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), bantuan sosial dari gubernur, bantuan dari pemerintah kabupaten, dan DD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahap pertama pencairan, penyaluran bansos dilakukan untuk lima kecamatan. Yakni Salem, Banjarharjo, Kersana, Bantarkawung, dan Bumiayu. Kecamatan lain akan disalurkan pada hari berikutnya.
 
Baca juga:Belasan Tenaga Medis Diisolasi, Pelayanan RSUD Kayuagung Tak Terganggu
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagja menjelaskan, DD yang dikucurkan di 17 Kecamatan sebesar Rp159 miliar. Jumlah itu merupakan 30 persen dari total DD se-Kabupaten Brebes, sebanyak Rp492 miliar.
 
“Sesuai Permendes ini, penerima BLT desa akan mendapatkan bantuan Rp600 ribu per kepala keluarga. Bantuan diberikan selama tiga bulan ke depan, mulai April hingga Juni ini,” jelasnya.
 
Khusus BLT-DD, kata Idza, diperuntukan bagi warga miskin yang terdampak covid-19 dan tidak masuk dalam daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH), program Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT), serta kartu prakerja.
 
“Untuk pendataan calon penerima BLT desa, dilakukan relawan desa, yang datanya kemudian difinalisasi melalui musyawarah desa dan diketahui bupati melalui camat setempat,” pungkasnya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif