Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

26 Petugas Medis Kota Tegal Terjangkit Covid-19

Nasional Virus Korona
Mustholih • 06 Agustus 2020 19:48
Semarang: Puluhan tenaga kesehatan di Kota Tegal, Jawa Tengah, dikonfirmasikan terinfeksi virus korona.
 
"Hasil sementara ada 26 kasus positif. Ini masih bisa berkembang," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, di Semarang, Kamis, 6 Agustus 2020.
 
Menurut Yulianto, Dinas Kesehatan Jateng masih menuntaskan pemeriksaan semua sampel swab yang diambil dari tenaga kesehatan di Kota Tegal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini kita sedang selesaikan tes PCR untuk sekitar 200-an tes," sambung dia.
 
Menurut Yulianto, Pemprov Jawa Tengah sebelumnya memasukkan tenaga kesehatan, orang lanjut usia, dan ibu hamil, sebagai kelompok yang rentan terinfeksi covid-19. Pihaknya pun tengah menggencarkan tes PCR terhadap kelompok tersebut..
 
Baca juga:Tujuh Wisatawan Hanyut di Pantai Bantul
 
"Kita prioritaskan tinggi itu tenaga kesehatan, lansia, pasien yang punya penyakit bawaan, ibu hamil, dan kelompok rentan lain. Termasuk tes di rumah sakit-rumah sakit daerah dan puskesmas," ungkapnya.
 
Yulianto mengatakan, pemerintah setempat gencar melakukan uji spesimen covid-19 dengan harapan mampu memotong mata rantai penyebaran virus. Namun, tes PCR harus dilakukan secara terstrutur, sistematis, efektif, dan efisien.
 
"Tujuan kita menurunkan angka kematian sekecil mungkin."
 
Ia menambahkan, secara umum, klaster-klaster penyebaran virus korona di Jateng banyak ditemukan di kantor pemerintahan, swasta, industri, dan fasilitas kesehatan.
 
"Di Jateng, memang beberapa fasilitas kesehatan kita melakukan tes. Ini menjadi prioritas. selain itu, petugas-petugas lain yang kontak dengan pelayanan publik kita melakukan tracing and test," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif