Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memimpin langsung simulasi taktis penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. (ANTARA/Firman)
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memimpin langsung simulasi taktis penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. (ANTARA/Firman)

Pencegahan Karhutla Disebut Tanggung Jawab Bersama

Nasional kebakaran hutan Kebakaran Lahan dan Hutan
Antara • 05 Agustus 2020 20:17
Banjarbaru: Anggota Polda Kalimantan Selatan bersama tim gabungan penanggulangan karhutla melakukan simulasi pemadaman kebakaran lahan di kawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Simulasi untuk meningkatkan kesigapan anggota dalam menghadapi karhutla.
 
Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta, juga meminta masyarakat aktif mencegah kebakaran lahan demi kepentingan bersama.
 
"Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan karhutla di Bumi Lambung Mangkurat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," kata Nico di Banjarbaru, Rabu, 4 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tim Saber Pungli Pangkalpinang Usut Dugaan Pungutan PPDB
 
Nico menjelaskan penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI, dan pemerintah. Anggota terkait juga diminta melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk sama-sama mencegah karhutlda dengan berbagai cara.
 
"Kami menghimbau kepada seluruh personel polri untuk sering melakukan patroli antisipasi Karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Kalsel," jelas Nico.
 
Niko menekankan apabila ditemukan titik api, Tim Satgas Penanggulangan Karhutla 2020 Provinsi Kalsel yang terdiri dari personel Polri, TNI, BPBD, dan Manggala Agni beserta Relawan Pemadam akan langsung bergerak cepat melakukam pemadaman.
 
"Diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kalsel sehingga harus dilakukan upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif