Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polisi Belum Menerima Laporan Pelecehan Bambang Ariyanto

Nasional pelecehan seksual
Ahmad Mustaqim • 07 Agustus 2020 12:51
Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menerima laporan korban dugaan pelecehan seksual oleh Bambang Ariyanto. Kasus dugaan pelecehan berdalih penelitian itu akan diselidiki bila telah ada laporan korban.
 
"Kita belum menerima laporan dari pihak yang merasa dirugikan atau korban," Kepala Bidang Humas Polda DIY, Kombes Yuliyanto dihubungi, Jumat, 7 Agustus 2020.
 
Kasus dugaan pelecahan seksual itu dilakukan dengan dalih penelitian. Terduga pelaku mengirimkan pesan pribadi ke sejumlah perempuan yang berisi ajakan berhubungan seks dengan bertukar pasangan (swinger).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pelecehan Berkedok Penelitian Terjadi di Yogyakarta
 
Dia menerangkan, pihaknya akan menjerat terduga pelaku dengan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Meskipun, di dalam KUHP tak mengenal istilah swinger.
 
"Ya polisi belum bisa pastikan karena belum ada laporan resmi," imbuhnya.
 
Ketua Pusat Studi Gender UNU Yogyakarta, Rindang Farihah, mengatakan pihaknya telah menyediakan layanan aduan bagi korban pelecenan seksual. Sejauh ini, tiga korban telah melapor.
 
"Yang jelas kami tidak bekerja sendirian. Kami melalukan kerja bersama dengan beberapa lembaga yang memiliki konsen terhadap kasus korban kekerasan perempuan dan anak, baik fisik psikis, dan seksual," kata Rindang.
 
Ia berharap, adanya aduan korban bisa ditindaklanjuti dengan pendampingan. Ia mengatakan pendampingan akan diberikan sesuai kebutuhan korban.
 
"Butuh kesiapan mental yang luar biasa bagi seorang korban untuk mampu mengungkapkan kasus yang dialaminya. Ini harus dipahami kita," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif