Kepala Terminal Tipe B Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dayan. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah
Kepala Terminal Tipe B Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dayan. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Lonjakan Pemudik di Terminal Cikarang Diprediksi H-10 Lebaran

Nasional Mudik Lebaran Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Antara • 19 April 2022 16:15
Kabupaten Bekasi: Lonjakan pemudik di terminal Cikarang, Kabupaten Bekasi, diprediksi baru akan terjadi pada Sabtu, 23 April 2022 mendatang atau H-10 Lebaran.
 
Kepala Terminal Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Dayan, menyatakan terminal tipe B tersebut sudah mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan pemudik tersebut.
 
"H-10 Lebaran nanti sepertinya sudah mulai ramai hingga terjadi lonjakan pemudik," kata Dayan di Cikarang, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jadwal Lengkap Ganjil Genap Tanpa Tilang Saat Mudik
 
Dia menjelaskan saat ini jumlah pemudik yang berangkat menuju wilayah lain di Provinsi Jawa Barat, serta Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai mengalami kenaikan meski belum terlihat secara signifikan.
 
Kenaikan tersebut terlihat dari jumlah penumpang yang mengisi setiap bus dari kondisi normal sebelumnya sebanyak 10 penumpang saja kini bertambah menjadi 15-20 penumpang.
 
"Belum naik signifikan saat ini, kalau mayoritas tujuan itu ke Jawa Tengah seperti Wonosobo dan Purwokerto. Juga ada yang ke Jawa Timur. Kalau Jawa Barat ke Tasik, Garut, dan Pangandaran," jelasnya.
 
Dayan mengaku belum menyiagakan banyak armada mengingat lonjakan penumpang juga belum terjadi namun pihaknya akan menyediakan sebanyak 116 bus untuk mengangkut pemudik.
 
"Dari 116 armada, yang stand by sekitar 80 bus, sisanya untuk cadangan. Tapi nanti kalau ada lonjakan penumpang, masing-masing PO menyatakan siap untuk menambah armada dua atau tiga unit," ungkapnya.
 
Terminal Cikarang sendiri memiliki total 23 trayek dengan rincian 13 Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan 10 Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). "Dari 10 trayek AKAP, tujuh trayek punya Sinar Jaya jurusan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadi satu PO melayani banyak trayek," kata Dayan.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif