Ilustrasi--Bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah menyebabkan salah satu jembatan yang menghubungkan kota Palu dan Kabupaten Poso putus. ANTARA/HO- (Dokumentasi BPBD Sulteng)
Ilustrasi--Bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah menyebabkan salah satu jembatan yang menghubungkan kota Palu dan Kabupaten Poso putus. ANTARA/HO- (Dokumentasi BPBD Sulteng)

BPBD Sulteng Imbau Pemudik Perhatikan Cuaca dan Potensi Bencana

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Sulawesi Tengah
Antara • 23 April 2022 21:27
Palu: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah, mengimbau masyarakat agar memerhatikan kondisi cuaca dan waspada potensi bencana saat mudik Lebaran 2022.
 
"Tolong perhatikan kondisi cuaca dan kita harus tetap waspada akan potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Sulawesi Tengah Andi Sembiring, Sabtu, 23 April 2022.
 
Andi mengatakan, saat ini BPBD Sulteng telah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi dampak bencana menghadapi mudik Lebaran 2022. Salah satunya berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota agar siaga di daerah rawan bencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BPBD setiap daerah kabupaten/kota tetap siaga apalagi daerah-daerah yang rawan terjadi bencana longsor atau banjir," ucapnya.
 
BPBD juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu untuk memberikan informasi perkembangan cuaca di daerah wilayah Sulawesi Tengah.
 
Baca juga: Ganjar Promosikan Jalur Selatan Antisipasi Macet Jalan Tol Saat Mudik
 
"Informasi yang dikeluarkan oleh BMKG sangat akurat dan terpercaya sehingga pemudik atau masyarakat bisa memperhatikan perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG Palu," ucap dia.
 
Menurut Andi, pemudik sebaiknya menunda perjalanan jika terjadi cuaca buruk yang dapat memicu tanah longsor maupun banjir.
 
"Waspada di daerah pegunungan yang mudah longsor sebaiknya waktu mudik disesuaikan dengan cuaca," terangnya.
 
Tidak hanya itu, selain antisipasi dampak karena bencana alam, pemudik juga diharapkan melakukan pencegahan penyebaran virus covid-19 pastikan sudah melakukan vaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Andi berharap usai Idulfitri, jumlah kasus covid-19 tidak meningkat.
 
"Bukan hanya bencana alam tetapi juga bencana non alam meskipun ada izin mudik tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan," tutur Andi.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif