Ilustrasi covid-19. (Medcom.id)
Ilustrasi covid-19. (Medcom.id)

1 Pasien Omicron di Cilacap Warga Sumut

Nasional jawa tengah pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Antara • 24 Januari 2022 14:42
Cilacap: Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyatakan, satu dari sembilan pasien terkonfirmasi covid-19 varian omicron di Jawa Tengah bukan warga Kabupaten Cilacap. Tatto menyebut, satu pasien itu merupakan warga Sumatra Utara.
 
"Kami pastikan pasien berinisal ZS, 51, bukan warga Cilacap. Yang bersangkutan adalah warga Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, yang singgah di Cilacap," katanya saat konferensi pers di Rumah Dinas Bupati Cilacap, Cilacap, Jawa Tengah, Senin, 24 Januari 2022.
 
Dia mengatakan, berdasarkan kronologis yang dihimpun oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap, ZS diketahui melakukan perjalanan dari Jakarta untuk menemui salah  koleganya di Cilacap pada 4 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melanjutkan, ZS turun di salah satu stasiun di Kabupaten Cilacap. Kemudian, DS  segera menumpang ojek konvensional menuju penginapan.
 
"Akan tetapi Bapak ZS bilang tidak ingat lokasi menginapnya, nama penginapannya, tidak ada kuitansi pembayarannya," jelasnya.
 
Baca: Epidemiolog: Gelombang Ketiga Covid-19 Berpotensi Terjadi di Indonesia
 
Keesokan harinya, pada 5 Januari, kata dia, ZS mendatangi Rumah Sakit Pertamina Cilacap untuk menjalani tes PCR, karena akan pulang ke Medan melalui Bandara Yogyakarta. Namun sebelum hasil tes keluar, ZS sudah berangkat lebih dulu ke Yogyakarta karena dijemput pihak keluarga.
 
"Karena hasil tes PCR-nya positif, Pak ZS kemudian menjalani isolasi mandiri di tempat saudaranya yang berlokasi di Godean, Kabupaten Sleman. Kondisinya baik dan tanpa gejala," jelasnya.
 
Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cilacap pada Jumat, 21 Januari 2022, menerima hasil pemeriksaan sampel whole genome sequence (WGS) atas nama pasien berinisial ZS. Dalam hasil tes itu, ZS dinyatakan terkonfirmasi varian Omicron.
 
Tatto mengimbau masyarakat Kabupaten Cilacap untuk tetap waspada serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dia meminta warga yang belum vaksin untuk segera melakukan vaksinasi covid-19. 
 
"Semoga pandemi covid-19 segera berakhir," katanya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif