Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Polda Jawa Barat Lacak Aset Akumobil

Nasional penipuan
P Aditya Prakasa • 03 Desember 2019 18:32
Bandung: Polda Jawa Barat menangani dugaan penipuan yang dilakukan Akumobil terkait Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Jawa Barat juga melacak aset milik para tersangka Akumobil.
 
"Kita akan telusuri hasil kejahatan oleh para tersangka," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Markas Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa 3 Desember 2019.
 
Truno mengatakan, Ditreskrimsus Polda Jabar kini masih menyelidiki kasus tersebut. Selain itu, lembaga keuangan juga akan dilibatkan untuk penelusuran aset.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita akan menelusuri bersama dengan lembaga keuangan dalam hal ini PPATK. Saat kita tunggu hasil penyelidikannya," ucap Truno.
 
Kepala Satuan Reserse Polrestabes Bandung AKBP Galih mengatakan, kasus TPPU oleh Akumobil saat ini ditangani Polda Jabar. Hal itu dilakukan karena korban Akumobil yang mencapai ribuan orang itu tidak hanya di Kota Bandung saja.
 
"Kita sudah buat laporan polisi model a terkait dengan tindak pidana pencucian uang dan kita sudah gelarkan di Polda di Ditreskrimsus. Diambil alih Polda juga karena locusnya bukan hanya di Bandung saja, tapi ada locus di Cirebon dan sekitarnya," kata Galih.
 
Galih mengatakan, Ditreskrimsus Polda Jabar akan menelusuri seluruh aset dan aliran uang para konsumen Akumobil yang digunakan tersangka. Polisi juga menemukan belasan rekening dari para tersangka.
 
"Nanti dari Polda terkait dengan alat bukti yang lain, karena aliran dana dari 18 akun bank yang sudah diblokir itu akan dibongkar secara rinci ke mana-mana saja uang itu beredar," kata dia.
 
Dengan diterapkannya pasal TPPU ini, Galih menyebut seluruh barang bukti nanti bakal dapat dikembalikan kepada para korban konsumen Akumobil. Namun hal itu baru bisa dipastikan setelah ada putusan dari pengadilan.
 
"Karena dengan adanya TPPU yang ditangani polda harapanya aset recovery bagaimana barang bukti ini nantinya bisa dikembalikan atau gimana itu nanti gimana putusan pengadilan," kata Galih.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif