Warga terdampak banjir yang dievakuasi di wilayah Limo, Cinere, Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Warga terdampak banjir yang dievakuasi di wilayah Limo, Cinere, Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok Usulkan Tanggap Darurat Bronjong

Nasional banjir jakarta bencana banjir
Octavianus Dwi Sutrisno • 13 Januari 2020 20:46
Depok: Pemerintah Kota Depok segera mengusulkan status tanggap darurat bronjong.Sejumlah sungai di wilayah Depok pun disetujui untuk pembangunan bronjong.
 
"Yang disetujui (bronjong) dua yaitu pemasangan bronjong di kali sepanjang Cipayung dan Tanah Baru," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi, Senin, 13 Januari 2020.
 
Dia menjelaskan pihaknya tengah melakukan penanganan sementara dengan cerucuk bambu, karung pasir, dan terpal agar longsor tidak meluas. Sedangkan untuk penanganan banjir, dengan melakukan pengankatan sampah di saluran yang tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dadan menerangkan penanganan yang tidak masuk biaya tanggap darurat, dikerjakan melalui pengajuan Belanja Tidak Terduga (BTT) 2020 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok 2021.
 
Pemerintah Kota Depok memetakan 90 titik banjir dan tanah longsor selama rentang waktu tanggap bencana yakni sejak 1 Januari - 14 Januari 2020. Pihaknya mengeklaim sebagian wilayah bencana tersebut telah ditangani.
 
"Kurang lebih 52 titik bencana longsor dan 38 titik banjir tersebar di Kota Depok. Titik longsor berada di wilayah Komplek Samudera, RW 06, Kelurahan Depok, Jalan Raya Andara Kelurahan Pangkalan Jati, Jalan Pitara Kelurahan Panmas, dan Perumahan PGRI, Kelurahan Cilodong," bebernya.
 
Sementara itu titik banjir yang terpantau antara lain di Kampung Lio, RT 09 dan RW 19, Kecamatan Pancoran Mas. Kemudian, Masjid Mampang, Komplek Marinir Parung Bingung, Kecamatan Panmas, dan Rutan Cilodong.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif