Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Ditpolair NTT Ambil Alih Penyidikan Tenggelamnya KM Nusa Kenari

Nasional kapal tenggelam
Antara • 17 Juni 2019 15:34
Kupang: Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Nusa Tenggara Timur mengambil alih penyelidikan kasus tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 yang tenggelam di perairan Alor pada Sabtu, 15 Juni 2019 pagi.
 
"Pemeriksaan terhadap para anak buah kapal (ABK) nantinya dilakukan penyidik Ditpolair Polda NTT," Kata Kapolres Alor AKBP Patar Silalahi saat dikonfirmasi, Senin, 17 Juni 2019.
 
Patar menjelaskan para penyidik Ditpolair NTT akan tiba di Kabahi, Kabupaten Alor, pada Selasa, 18 Juni 2019 untuk memeriksa empat ABK. ABK tersebut yaitu Piterson Plaituka, 30, serta tiga anak buah kapal yakni Yupiter Mukola, 21, Nuku Malaikosa, 22, dan Penitus Karplai, 18.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Patar kembali mengatakan penyidik Polres Alor belum melakukan pemeriksaan terhadap keempat ABK itu karena penyidikan kasus ini menjadi kewenangan Ditpolair NTT.
Pengambilalihan penyidikan KM Nusa Kenari 02 ini lantaran efisensi waktu karena saksi ahli yang perlu dimintai keterangannya berada di Kupang maupun Jakarta.
 
"Apabila penanganannya di Alor tentu membutuhkan waktu lama karena sementara penyidik harus terkejar dengan masa penahanan apabila kasusnya sudah dinaikkan ketingkat penyidikan," jelas Patar.
 
Patar kembali mengatakan, keempat ABK Nusa Kenari 02 masih diamankan pihak Kepolisian Polres Alor untuk kepentingan pengamanan keselamatan para ABK.
 
Berdasarkan keterangan para ABK yang telah diamankan di Polres Alor bahwa pelayaran dilakukan KM Nusa Kanari 02 pada Sabtu, 15 Juni 2019 tidak sesuai prosedur karena tanpa
mengantongi izin berlayar dari syahbandar Kalabahi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif