Seorang pengungsi yang menderita demam terbaring di kursi di lokasi pengungsian Desa Boroboro Lameuru, Kecamatan Ranomeeto Barat, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Senin (17/6/2019). ANTARA FOTO/Jojon.
Seorang pengungsi yang menderita demam terbaring di kursi di lokasi pengungsian Desa Boroboro Lameuru, Kecamatan Ranomeeto Barat, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Senin (17/6/2019). ANTARA FOTO/Jojon.

Pengungsi Banjir di Konawe Utara Menjadi 8.515 Orang

Nasional bencana banjir
Antara • 17 Juni 2019 20:39
Kendari: Jumlah pengungsi akibat banjir bandang yang melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, pada Senin hingga pukul 14.00 WITA mencapai 8.515 jiwa yang berasal dari 2.217 kepala keluarga.
 
Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Konawe Utara disebutkan jumlah ini bertambah bila dibandingkan jumlah pengungsi sampai Minggu, 16 Juni 2019 pukul 22.46 WITA yang sebanyak 8.489 jiwa dari 2.207 kepala keluarga.
 
Kabag Humas Pemkab Konawe Utara, La Ode Aminuddin mengatakan naiknya jumlah pengungsi tersebut setelah dilakukan pemutakhiran laporan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang pasti semua pengungsi akibat banjir di Konawe Utara sudah tersentuh bantuan dari pemerintah," kata Aminuddin saat dikonfirmasi, Senin, 17 Juni 2019.
 
Rumah penduduk yang hanyut akibat banjir musibah banjir sebanyak 370 unit, sedangkan yang terendam air sebanyak 1.623 unit, empat jembatan hanyut dan empat jembatan tidak bisa dilalui.
 
Kemudian fasilitas kesehatan yang terdampak banjir sebanyak empat unit puskesmas, tiga unit puskesmas pembantu, satu unit gudang obat, tiga pasar tradisional, serta satu ruas jalan trans Sulawesi juga terdampak banjir.
 
Luas sawah yang terendam banjir 970,3 hektare, lahan jagung seluas 83,5 hektare, tambak sebanyak 420 hektare dan lain-lain 11 hektare.
 
Bupati Konawe Utara menginstruksikan jajarannya, semua OPD untuk bertugas dalam penanganan darurat bencana meskipun dalam kondisi libur atau cuti bersama.
 
Aminuddin menambahkan sampai kini belum dihitung jumlah kerugian materi akibat banjirkarena masih fokus untuk penanganan warga yang terdampak bencana tersebut.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif