Peluncuran program aplikasi Sistem Informasi Jaga Kawal Dana Desa oleh Kejaksaan Negeri Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 11 Desember 2019. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Peluncuran program aplikasi Sistem Informasi Jaga Kawal Dana Desa oleh Kejaksaan Negeri Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 11 Desember 2019. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Kejaksaan Brebes Luncurkan Aplikasi untuk Mengawal Dana Desa

Nasional dana desa
Kuntoro Tayubi • 11 Desember 2019 12:14
Brebes: Kejaksaan Negeri Brebes, Jawa Tengah, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Jaga Kawal Dana Desa (Si Jaksa) untuk membantu Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa (DD). Diharapkan aplikasi ini bisa mencegah terjadinya penyimpangan dalam penggunaan DD.
 
"Kepala Desa tidak perlu jauh jauh datang ke Brebes hanya sekadar berkonsulasi mengenai DD ke Kejaksaan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Brebes, Edy Hartoyo, saat dikonfirmasi, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Edy menjelaskan dengan menu yang sangat sederhana, bisa memudahkan para aparatur desa untuk mengoperasikan aplikasi tersebut melalui komputer atau smartphone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Edy mengatakan masih banyak kepala desa (kades) yang belum mengetahui ketentuan atau aturan tentang pengelolaan keuangan dana desa. Diharapkan dengan adanya aplikasi Si Jaksa dapat menghindari penyelewengan, penyimpangan dana desa ataupun merugikan keuangan negara.
 
Dalam aplikasi ini memuat beberapa fitur, mulai perencanaan, pelaksanaan hingga sistem pelaporan keuangan dari pelaksanaan dana desa dapat berjalan sesuai aturan dan tuntas.
 
"Fitur utama di antaranya, informasi tata kelola pembangunan desa, Informasi perencanaan pembangunan desa, Informasi perencanaan dan pengelolaan anggaran desa, Informasi pelaksanaan pembangunan desa dan Informasi pengawasan pembangunan desa," ungkap Edy.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif