Dekorasi aula sekolah yang rencananya dipakai sebagai lokasi resepsi perkawinan roboh diterjang hujan dan angin kencang. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Dekorasi aula sekolah yang rencananya dipakai sebagai lokasi resepsi perkawinan roboh diterjang hujan dan angin kencang. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Rumah dan Sekolah Rusak Terdampak Cuaca Ekstrem

Nasional angin kencang
Ahmad Mustaqim • 03 Januari 2020 22:10
Kulon Progo: Rumah dan bangunan sekolah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, rusak pascaguyuran hujan disertai angin kencang, Jumat, 3 Januari 2020. Kondisi ini sempat membuat aliran listrik padam berjam-jam.
 
"Saat hujan deras, saya dan keluarga masuk rumah. Tiba-tiba ada suara 'brak', pohon menimpa rumah kami," kata Suratmin, seorang warga Dusun Kalisoka, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo.
 
Lelaki 35 tahun itu memperkirakan, pohon yang ambruk memiliki tinggi sekitar 20 meter. Pohon itu tumbang menimpa bagian belakang rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pohonnya ambruk karena anginnya kencang banget tadi. Habis ada suara ambruk, saya dan keluarga lihat kondisinya, keluar rumah," ujarnya.
 
Kerusakan rumah Suratmin cukup parah. Pohon ambruk itu menghancurkan sebagian kamar tidur, kamar mandi, dan dapur serta perabotannya. Ia belum bisa memperkirakan berapa nilai kerugian yang harus ditanggung.
 
Hujan serta angin lebat juga merusak sejumlah fasilitas SMK Negeri 2 Kecamatan Pengasih di Dusun Kembang, Desa Margosari. Kerusakan di sekolah meliputi bagian plafon ruang guru, atap seng di sejumlah ruangan berterbangan, hingga merusak peralatan praktik untuk bengkel.
 
Anggota Satuan Keamanan SMK Negeri 2 Pengasih, Tri Hidayat, mengatakan, aula sekolah juga mengalami kerusakan di bagian atap. Atap bangunan aula jebol dalam ukuran cukup besar.
 
"Tidak ada korban jiwa," kata dia.
 
Menurut dia, sejumlah pepohonan di lingkungan sekolah juga tumbang. Kejadian itu hampir bersamaan dengan hujan berintensitas tinggi selama lebih dari dua jam.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo, mencatat ada sekitar sembilan titik pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang. Pohon tumbang ini menimpa lima rumah dan menutup akses jalan.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif