Debit air di Sungai Ciliwung dari pos pantau Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Debit air di Sungai Ciliwung dari pos pantau Depok. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Debit Air di Ciliwung Depok Normal

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Octavianus Dwi Sutrisno • 05 Januari 2020 05:36
Depok: Kondisi debit air sungai Ciliwung di Depok, Jawa Barat, berangsur normal. Status Ciliwung di Depok hanya siaga empat.
 
"Dari dua hari yang lalu sudah mulai menurun statusnya siaga dua, kalau yang sekarang sudah siaga empat," kata petugas Pos Pantau Sungai Ciliwung, Jembatan Panus Kelurahan Pancoran Mas, Pancoran Mas, Depok, kepada Medcom.id, Minggu 5 Januari 2020.
 
Randa mengatakan debit air Ciliwung di Depok saat ini 115 sentimeter. Padahal, sebelumnya sempat mencapai 410 sentimeter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Randa, salah satu penyebabnya yakni debit air di Katulampa, bogor, yang semakin berkurang. Ketinggian air di Katulampa dalam kondisi normal.
 
"Siang tadi sempat hujan di Bogor, tetapi tidak berpengaruh. Selain itu, kecepatan air dari arah katu lampa, Depok menuju Jakarta sudah mulai normal," ujarnya.
 
Randa menilai belum ada potensi banjir lagi hingga saat ini. Namun, pemantauan terus dilakukan dan menerapkan sistem siaga dalam memberikan informasi ketika air mulai kembali meninggi..
 
Pantauan di lokasi terlihat, air sungai Ciliwung berada di batas normal, kondisi aliran air juga tenang. Masyarakat banyak memanfaatkan kondisi tersebut untuk turun ke bibir kali dan memancing.
 
Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi lagi pada 5-10 Januari 2020. Hujan deras disertai angin kencang akan terjadi di beberapa wilayah, termasuk Jabodetabek.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif