Angklung yang dimainkan BJ Habibie saat di sekolah di Bandung, Jabar. Foto: Medcom.id/Roni K
Angklung yang dimainkan BJ Habibie saat di sekolah di Bandung, Jabar. Foto: Medcom.id/Roni K

Habibie Gemar Tampil di Sekolah

Nasional bj habibie
Roni Kurniawan • 12 September 2019 11:56
Bandung: Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dikenal sebagai sosok yang gemar tampil dalam berbagai kegiatan sekolah. Salah satunya pentas seni di Sekolah Menegas Atas Kristen (SMAK) Dago Bandung, tempat Habibie menimba ilmu.
 
Kepala SMAK Dago Bandung, Rosmian Simorangkir, terdapat sejumlah alat musik yang dipakai Habibie saat bersekolah. Angklung salah satunya, kesenian yang kerap digunakan Habibie untuk tampil saat pentas seni di aula sekolah.
 
"Pak Habibie suka tampil dulu di aula, pernah main angklung juga buatan Pak Udjo (Angklung Udjo). Dulu Pak Habibie sangat senang dan sering tampil-tampil di aula," ujar Rosmian di SMAK Dago Bandung, Jalan Ir. H. Djuanda, Kamis, 12 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir bernostalgia pada 2015, Habibie bahkan mengunjungi aula yang dulu digunakan untuk tampil. Namun aula kini telah diperbarui karena sempat terjadi sengketa bangunan.
 
"Terakhir ke sini 2015 lalu, beliau melihat-lihat kelas dengan aula yang biasa digunakan Pak Habibie untuk tampil. Beliau bercerita sering sekali tampil di aula tersebut," ungkapnya.
 
Habibie Gemar Tampil di Sekolah
Piano yang kerap dipakai BJ Habibie saat tampil di pentas seni sekolah. Foto: Medcom.id/Roni K
 
Selain angklung, piano biasa dipakai Habibie untuk tampil saat pentas seni. Pihak sekolah mendapat mandat untuk menjaga piano langsung dari Habibie.
 
"Piano juga sering digunakan Pak Habibie. Terakhir ke sini juga beliau sangat senang dengan kondisi piano yang masih berfungsi dan meminta untuk menjaganya," bebernya.
 
Dua alat musik yang sering digunakan Habibie disimpan pihak sekolah. Dua benda tersebut menjadi peninggalan sejarah dari Habibie dan kenang-kenangan bagi pihak sekolah.
 
"Ini benda sejarah, karena pernah digunakan beliau, sebagai alumni dan Presiden ketiga Indonesia," pungkasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif