Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Warga Disarankan Menampung Air Hujan

Nasional musim hujan
Patricia Vicka • 21 November 2019 20:21
Sleman: Pakar Hidrologi Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Agus Maryono, meminta pemerintah dan warga berinovasi dalam meminimalisasi bencana banjir dan mengatasi kekeringan. Dia menyarankan warga dan pemerintah memanen air hujan dengan menampung selama musim hujan.
 
"Data BNPB mencatat pada periode 2018-2019 terdapat 1.022 kejadian banjir dan bencana kekeringan mencapai 129 kejadian. Maka gerakan memanen hujan ini bisa jadi salah satu solusi mengatasi kekeringan," kata Agus di UGM, Kamis, 21 November 2019.
 
Agus menyampaikan wilayah Indonesia memiliki curah hujan tinggi kisaran 2.000-4.000 mm/tahun. Dengan curah hujan yang besar, semestinya masyarakat tidak khawatir ketersediaan air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum ada kesadarab warga tentang pengelolaan air hujan. Sehingga saat curah hujan tinggi menyebabkan banjir. Tapi saat kemarau jadi kekeringan," ujarnya.
 
Dia mengatakan pihaknya akan menyelanggarakan Kongres Memanen Air Hujan Indonesia II untuk memopulerkan panen hujan. Kongres dilaksanakan pada 28-29 November 2019 di University Club (UC) UGM.
 
"Kongres kami gelar sebagai upaya menyosialisaikan kepada masyarakat akan pentingnya memanen dan mengelola air hujan, " katanya.
 
Gerakan memanen air hujan juga dapat mengisi air tanah. Selain itu, air yang diperoleh dari memanen air hujan dapat diolah menjadi air minum.
 
"Dari sejumlah penelitian yang dilakukannya diketahui rata-rata tingkat derajat keasaman air hujan mencapai 7,2 hingga 7,4. Bisa untuk diminum," jelasnya.
 
Dia berharap melalui kongres bisa mengubah pola pikir masyarakat yang semula tidak peduli air hujan untuk lebih peduli. Dia memastikan banyak manfaat yang bisa diambil dari air hujan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif