Kepala Lapas Perempuan Yogyakarta, Retno Yunihardiningsih. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Kepala Lapas Perempuan Yogyakarta, Retno Yunihardiningsih. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Lapas Perempuan Yogyakarta Dibangun di Gunungkidul

Nasional lembaga pemasyarakatan
Ahmad Mustaqim • 07 Agustus 2019 13:36
Yogyakarta: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Yogyakarta mulai dibangun di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Peletakan batu pertama pembangunan Lapas Perempuan Yogyakarta dilakukan Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Kepala Lapas Perempuan Yogyakarta Retno Yunihardiningsih menjelaskan proses pembangunan dilakukan setelah mendapat pagu anggaran pada tahun ini. Besaran anggaran itu sekitar Rp5 miliar.
 
"Ini terbagi untuk manajemen konstruksi, perencanaan, masterplan dan DED, serta konstruksi," ujar Retno di Yogyakarta pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luas lahan Lapas Perempuan di Wonosari yakni 13 ribu meter persegi. Lahan ini terbagi untuk bagian kantor dan teknis seluas 10 ribu meter persegi. Sisanya untuk rumah dinas.
 
"Tahun ini kami melakukan pembangunan gedung utama. Kontrak (untuk pembangunan) konstruksi dilakukan 22 Juli lalu. Lama pengerjaan 150 hari," katanya.
 
Lapas Perempuan yang baru nanti berkapasitas 264 orang. Keberadaan Lapas Perempuan nantinya bisa mengurangi beban Lapas Wirogunan.
 
"Termasuk Mary Jane (terpidana mati kasus narkotika asal Filipina) akan dipindah ke sana. Semua (napi dan tahanam perempuan) yang bertempat di Wirogunan pindahnya ke Wonosari," ujarnya.
 
Proses pembangunan tahap pertama ini dilakukan hingga 18 Desember. Tahap berikutnya akan dilakukan mulai pada 2020.
 
Pembangunan tahap berikutnya dilakukan untuk bagian blok hingga pagar yang mengelilingi Lapas. Ia memperkirakan, tahun berikutnya Lapas Perempuan akan bisa beroperasi.
 
"Kalau itu (proses pembangunan) selesai pada 2020, awal 2021 kita sudah bisa operasional," katanya.
 
Lapas Perempuan Yogyakarta selama ini menempati lokasi sementara yang berdampingan dengan Lapas Kelas IIA Wirogunan. Total penghuni Lapas Perempuan Yogyakarta saat ini 118 orang.
 

 

 

 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif