Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina (kanan) saat memantau harga dan stok kebutuhan pokok di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 11 April 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.
Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina (kanan) saat memantau harga dan stok kebutuhan pokok di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 11 April 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.

Stok Kebutuhan Pokok Stabil Jelang Ramadan

Nasional pangan
Muhammad Syawaluddin • 11 April 2019 17:47
Makassar: Inspektorat Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) memantau stok harga barang di Pasar Pa'baeng-baeng, Makassar, Sulawesi Selatan. Stok dan harga kebutuhan pokok disebutnya masih stabil.
 
"Harga di Sulsel, khususnya di Makassar relatif stabil. Stok yang tersedia cukup," kata Inspektur Jenderal Kemendag RI Srie Agustina, usai memantau harga dan stok di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 11 April 2019.
 
Ketersediaan barang dan harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadan di pasar tradisional terus dipantau. Kemendag menjamin ketersediaan pasokan bahan pokok di seluruh wilayah di Indonesia. "Tidak perlu ada kekhawatiran dalam menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Srie memastikan kebutuhan pokok tetap stabil dan cenderung menurun. Misalnya, harga telur ayam di Sulawesi Selatan yang sebelumnya menyentuh angka Rp40 ribu, turun menjadi Rp30 ribu. Begitu juga dengan daging ayam.
 
"Daging sapi pun di sini saya lihat harganya stabil dan cukup terjangkau antara kisaran Rp90 ribu hingga Rp110 ribu," jelasnya.
 
Perlu peran aktif pemerintah daerah untuk memastikan harga dan stok selalu stabil di bulan Ramadan. Dia mengharapkan sinergi pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam mengantisipasi potensi kenaikan permintaan bahan pokok yang dapat memengaruhi harga.
 
Dia mengakui bawang putih dan bawang meerah mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Harga bawang naik lebih dari 50 persen jika dibandingkan dengan harga normal.
 

 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif