ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Demo Tolak UU Cipta Kerja, Rombongan Pelajar Digiring ke Mapolres Depok

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Octavianus Dwi Sutrisno • 08 Oktober 2020 18:08
Depok: Puluhan pelajar di Kota Depok digiring ke Mapolres Kota Depok lantaran meneriakkan menolak Undang-Undang Cipta Kerja. Kapolres Metro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan rombongan pelajar tersebut diamankan hendak menuju DKI Jakarta.
 
"Ada elemen lain yang tidak memiliki kepentingan atau misi lainnya, diduga hanya untuk membuat keributan saja. Mereka masih ada di Polsek dan Polres," kata Azis di Mapolrestro Depok, Jalan Margonda, Kota Depok, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Setelah diintrogasi, para pelajar itu diketahui berasal dari berbagai kalangan. Ada yang sudah lulus namun masih menggunakan seragam, hanya untuk ikut aksi demonstrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada juga yang masih sekolah (SMA) dan SMP, jadi tidak ada misi apapun kecuali meramaikan dan bikin kericuhan saja," bebernya.
 
Azis menegaskan, setelah ditangkap mereka langsung mendapatkan pembinaan sekaligus, dilakukan pemanggilan terhadap orang tua maupun pihak sekolah.
 
"Jadi nantinya mereka akan mendapatkan sanksi, selain dari sekolah dan keluarga juga, sanksi sosial dari kepolisian," paparnya.
 
Baca:Satu Mahasiswa Unpam di Tangsel Ditangkap saat Aksi
 
Selain itu, dari hasil interogasi juga diperoleh informasi motif puluhan pelajar tersebut turun ke jalan, salah satunya dijanjikan sejumlah uang setelah sampai ke gedung DPR dan Instana.
 
"Mereka mengaku ada yang diajak kawan, alumni, ada juga karena diiming-imingi uang. Jadi ketika mereka sudah sampai di sana, katanya akan mendapatkan imbalan nah sedang kita telusuri juga informasi ini oleh kita," paparnya.
 
Sementara itu, gelombang massa aksi mahasiswa sempat memadati wilayah perbatasan Jakarta-Depok tepatnya di Flyover UI. Mereka tertahan oleh petugas yang telah melakukan penjagaan di wilayah perbatasan, hal tersebut menyebabkan arus lalulintas kendaraan dari arah Depok menuju Jakarta tersendat.
 
Sekitar pukul 12.00 WIB, massa mahasiswa menggunakan cara lain dengan berjalan lewat bawah fly over, untuk melanjutkan aksi unjuk rasa ke Gedung DPR dan Istana.
 

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif