Kepala Dinkes Jatim Herlin Ferliana. (Medcom.id/Amal)
Kepala Dinkes Jatim Herlin Ferliana. (Medcom.id/Amal)

Tahap Pertama, 77.760 Vaksin Sinovac Tiba di Surabaya

Nasional Virus Korona protokol kesehatan Vaksinasi covid-19
Amaluddin • 04 Januari 2021 16:42
Surabaya: Sebanyak 77.760 Vaksin Sinovac untuk vaksinasi covid-19 telah tiba di Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Surabaya, Senin, 4 Januari 2020. Jumlah itu belum separuh dari jatah untuk Jatim total 316.000 vaksin.
 
"Ini merupakan pengiriman tahap pertama. Tapi kebijakannya seluruh provinisi mendapat. Sehingga ada penerimaan tahap satu, dua, dan tiga," kata Kepala Dinkes Jatim, Herlin Ferliana.
 
Herlin mengaku kaget dengan distribusi vaksin tahap pertama untuk Jatim. Sebab, Herlin baru diberitahu H-2 sebelum vaksin itu didistribusikan. "Jadi, saya belum tahu kapan distribusi vaksin tahap selanjutnya," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk distribusi vaksin ke kabupaten/kota di Jatim, lanjut dia, baru akan dilakukan jika vaksin telah mendapat rekomendasi Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), serta adanya petunjuk teknis lanjutan dari Kementrian Kesehatan.
 
"Kami masih menunggu instruksi dari BPOM untuk penggunaan vaksin, jadi ada pernyataan resmi tentang keamanan vaksin ini," ujarnya.
 
Selama belum ada instruksi BPOM dan Kementrian Kesehatan, vaksin akan disimpan dan dijaga di ruangan dingin Dinkes Jatim yang suhunya 2-3 derajat. "Kami punya tiga ruangan. Sudah kami tata, satu ruang untuk vaksin covid-19. Kami mampu memasukkan 800 ribu (vaksin)," katanya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif