ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Peringatan Maulid Nabi di Sumenep Wajib Menerapkan Prokes

Nasional Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Rahmatullah • 28 Oktober 2020 22:36
Sumenep: Masyarakat Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 hijriah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat diminta aktif mencegah penyebaran covid-19.
 
"Kita sudah melakukan pemberitahuan melalui surat tersebut bahwa harus menerapkan protokol kesehatan. Itu saja yang bisa saya sampaikan," kata Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Baca: Pemprov Banten Ikuti Pemerintah Pusat Soal UMP 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan pada dasarnya Pemerintah Daerah tidak melarang masyarakat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 hijriah. Meski diizinkan namun harus tetap dapat mencegah penularan virus korona.
 
Busyro menyebut jika pihaknya tidak bisa membubarkan kegitan itu karena akan menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Sebab apa yang dilakukan masyarakat ini sebagai bentuk syukur dan kecintaan kepada nabi.
 
"Kalau kami harus, satu sisi membubarkan maulid yang ada akan banyak tantangan. Jadi kita tetap tekankan dapat menerapkan protokol kesehtan," jelasnya.
 
Dia menyatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan banyak pihak mengenai hal ini. Tujuannya agar semuanya baik forkopimda, tokoh agama maupun tokoh masyarakat ikut menyampaikan kepada masyarakat tentang ketentuan protokol kesehatan dalam peringatan Maulid Nabi.
 
Menurutnya hal paling utama pada peringatan Maulid Nabi ialah dapat meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. "Kalau secara lisan cukup salawatan saja jangan ini dan itu. Karena yang penting itu kita meningkatkan kecintaan kepada nabi," ujar Busyro.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif