Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan destinasi agrowisata baru di Sumsel bertempat di Desa Sindang Panjang, Kabupaten Lahat , Jumat 30 Oktober 2020. Foto: Dokumentasi
Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan destinasi agrowisata baru di Sumsel bertempat di Desa Sindang Panjang, Kabupaten Lahat , Jumat 30 Oktober 2020. Foto: Dokumentasi

Agrowisata Tanjung Sakti Lahat Diresmikan

Nasional wisata pemerintah daerah Wisata Alam Herman Deru
Gonti Hadi Wibowo • 31 Oktober 2020 10:09
Lahat: Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, meresmikan destinasi agrowisata baru di Sumsel bertempat di Desa Sindang Panjang, Kabupaten Lahat , Jumat 30 Oktober 2020. Objek wisata itu diberi nama Agrowisata Tanjung Sakti.
 
Agrowisata itu menawarkan keindahan air terjun lengkap dengan sejuta pesona alamnya, berupa hamparan sawah dan derasnya aliran sungai, ditambah spot foto terbaik. Sehingga diharapkan bisa memikat kedatangan pengunjung.
 
Selain menyajikan keindahan alam serta sejuknya udara sekitar akan membuat decak kagum wisatawan. Apalagi letak air terjun Agro Wisata Tanjung Sakti mudah di jangkau dan gratis bagi setiap pengunjung yang datang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herman Deru mengatakan hadirnya Agro Wisata Tanjung Sakti diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Sekaligus menjadi salah satu sektor yang turut andil dalam upaya pemulihkan ekonomi dimasa pandemi covid-19.
 
Baca:Dari Susur Hutan Sampai Menuju Air Terjun Taplel
 
"Dampak positif yang kita harapkan dengan dibukanya destinasi wisata ini akan banyak sekali sektor informal yang menjadi hidup, dampaknya juga akan dirasakan oleh Kabupaten dan Kota di sekitarnya seperti Kota Pagaralam. kemudian pedagang bermunculan dimana-mana menandakan sumber ekonomi baru tumbuh disini," ungkapnya.
 
Herman menjelaskan, saat ini pemerintah tengah fokus mengembangkan destinasi wisata di tiap-tiap wilayah. Sehingga diharapkan menjadi tujuan alternatif bagin wisatawan dari berbagai daerah.
 
"Pak Bupati saya titip ini untuk masalah keamanannya diutamakan. Sehingga pengunjung merasa nyaman. Nanti untuk souvenirnya bisa kolaborasi antara Lahat dan Pagaralam. Misalnya kopi, tenunan, maupun kulinerannya," jelasnya.
 
Herman mengakui saat ini akses infrastruktur di Kabupaten Lahat sudah mulus. Masyarakat dapat nyaman dan aman untuk sampai ke lokasi Agrowisata Tanjung Sakti.
 
"Untuk Pak Harnojoyo terimakasih idenya yang sangat inovatif apalagi ini gratis untuk umum. Poin pentingnya adalah ibadah, yang kedua pemulihan ekonomi kita sama-sama bersyukur tempat ini menjadi destinasi wisata baru," katanya.
 
Baca:Kemenparekraf Kembangkan Potensi Wisata Wellness Saat AKB
 
Sementara itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo, yang juga sebagai tokoh masyarakat Tanjung Sakti mengatakan, Agro Wisata Tanjung Sakti merupakan kampung di sisi kanannya terdapat air terjun. Dia mengaku saat masih bocah kerap kali mandi di lokasi itu.
 
"Alhamdulilah dengan dukungan semua pihak termasuk keluarga. Keindahan alam di tempat ini. Sekarang juga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat," katanya.
 
Dengan dibukanya objek wisata baru ini, pihaknya berharap akan banyak pengunjung baik itu warga lokal ataupun dari luar daerah khususnya pada akhir pekan atau hari libur nasional.
 
"Pesonanya yang tak pernah lekang, membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini, terlebih tidak ada biaya masuk yang dibebankan pada pengunjung. Akses ke lokasi menuju terbilang tidak sulit karena bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dan lokasinya bisa ditemukan dengan mudah melalui google maps," bebernya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif