Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.

Ridwan Kamil Nilai Petisi Daring THR ASN Tidak Beretika

Nasional Virus Korona tunjangan hari raya pandemi covid-19 Ramadan 2021
Roni Kurniawan • 05 Mei 2021 10:50
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menerima keputusan terkait besaran tunjangan hari raya (THR) tak utuh. Emil -sapaan akrabnya- pun mengkritisi perihal petisi daring soal jumlah THR untuk ASN, menurutnya tidak bererika.
 
"Bagi anda yang nulis di petisi, saya kira kurang bijak, zaman lagi susah, uang juga tidak banyak, jangan menuntut hal yang menurut saya tidak pada etikanya. Dituntut bela negaranya. Hanya dengan menerima begitu saja masa enggak bisa. Kan enggak disuruh perang," ujar Emil, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu, 5 Mei 2021.
 
Dia mengatakan, pemotongan THR tahun ini harus disikapi secara legowo sebagai bentuk bela negara di masa pandemi covid-19. Hal itu pun menyikapi ramainya petisi daring dari para ASN terkait kecilnya THR tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bima Arya Nilai THR ASN Harus Dikaji Ulang
 
"Ya saya imbau ASN bela negara dengan cara bertoleransi menerima keputusan pemerintah. Minta THR penuh kalau di zaman normal wajar, tapi minta THR penuh di zaman tidak normal uangnya habis, Jawa Barat hilang 5 triliun masih pakai logika zaman normal saya kira kurang bijak," jelasnya.
 
Emil menilai, ASN merupakan salah satu profesi yang tidak terdampak langsung akibat covid-19 dari sisi pendapatan. Pasalnya selama ini tidak ada pemangkasan honor ataupun tunjangan bagi para ASN.
 
"ASN adalah profesi yang tidak terpengaruh pendapatannya oleh covid-19 . Swasta-swasta turun karena ekonomi turun, ASN stabil. Jadi kalau hanya THR-nya kurang sedikit bela negara lah dengan berkorban. Saya kira itu," sahut Emil.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif