Awan panas guguran Gunung Semeru pada Sabtu, 16 Januari 2021, sore di Kabupaten Lumajang. ANTARA/ HO - BNPB
Awan panas guguran Gunung Semeru pada Sabtu, 16 Januari 2021, sore di Kabupaten Lumajang. ANTARA/ HO - BNPB

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Diimbau Tak Beraktivitas di Radius 1 Km

Nasional bencana alam erupsi gunung
Amaluddin • 16 Januari 2021 22:44
Surabaya: Gunung Semeru, Jawa Timur, erupsi sekitar pukul 17.24 WIB, Sabtu, 16 Januari 2021. Masyarakat diimbau tidak beraktifitas dalam radius 1 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan 4 kilometer sektor selatan-tenggara.
 
"Untuk mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru," kata Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Yanuar Rachmadi, saat dikonfirmasi, Sabtu, 16 Januari 2021.
 
Yanuar juga meminta warga menjauh dari area terdampak material awan panas. Sebab, suhu di sekitar area terdampak masih tinggi. Warga perlu mewaspadai potensi luncuran material atau awan panas di sepanjang lembah jalur Besuk Kobokan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru juga perlu diwaspadai mengingat jumlah material vulkanik yang terbentuk sudah banyak. Gunung Semeru masih berada pada level II atau 'Waspada'.
 
"Kami bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi lebih lanjut terkait hal ini," ujarnya.
 
Baca: Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran 4,5 Km
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif