Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Medcom.id/Cindy)
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Medcom.id/Cindy)

Pemangkasan Eselon di Kemenpan RB Dilakukan Bulan Ini

Nasional pns ASN
Rizky Dewantara • 13 November 2019 20:54
Bogor: Pemangkasan pejabat eselon III dan IV dimulai pada November 2019 di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Diharap langkah permulaan itu segera dicontoh pemerintah daerah.
 
"Eselon lll dan lV akan saya pangkas bulan ini," kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat menghadiri Rakornas Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 13 November 2019.
 
Tjahjo mengungkap pemangkasan sesuai perintah Presiden Joko Widodo agar reformasi birokrasi dilakukan hingga ke dalam badan pemerintahan. Perampingan pejabat diharap bisa mempercepat pelayanan dan perizinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan pemangkasan eselon III dan IV ke jabatan fungsional tidak bisa dilakukan di semua pemerintah daerah dan kementerian. Dia mencontohkan kementerian yang sulit dialihkan ke jabatan fungsional adalah Kementerian Agama dan Kementerian Hukum dan HAM.
 
"Saya akan hati-hati karena memindahkan pejabat eselon ke fungsional tidak semuanya bisa," tegas dia.
 
Dia mengingatkan pejabat yang dialihkan ke fungsional tetap mendapatkan penghasilan yang sama. Sehingga para pejabat di eselon III dan IV tidak perlu khawatir.
 
"Misalnya tunjangan kerja eselon IV mendapatkan penerimaan satu bulan Rp1 juta, ya tetap sama penghasilannya, syukur bisa lebih tapi tidak akan berkurang," tutupnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif