Salah satu SPBU di Kota Jayapura yang tampak lenggang karena stok BBM masih aman, Selasa, 19 November 2019. Medcom.id/Roy Ratumakin.
Salah satu SPBU di Kota Jayapura yang tampak lenggang karena stok BBM masih aman, Selasa, 19 November 2019. Medcom.id/Roy Ratumakin.

Stok Solar di Jayapura Aman Hingga Akhir Tahun

Nasional Solar
Roylinus Ratumakin • 19 November 2019 13:59
Jayapura: Ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Kota Jayapura dinyatakan aman. Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina MOR VIII – Maluku Papua, Brasto Galih Nugroho, mengatakan ketersediaan Solar di Kota Jayapura hingga Desember 2019 masih mencukupi.
 
"Untuk saat ini dan hingga Desember stok kedua BBM tersebut masih aman, dan hargarnya pun tidak mengalami kenaikan dimana masih sama yaitu Rp5.150 per liter," kata Brasto kepada Medcom.id Selasa, 19 November 2019.
 
Brasto menjelaskan rata-rata penyaluran harian solar di Kota Jayapura per stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sekitar 15 kiloliter. Jumlah penyaluran tergantung kebutuhan, situasi dan ketersediaan tempat penyimpanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk SPBU Entrop untuk stok hari ini; Bio Solar 14,4 kiloliter dan Dexlite 7,3 kiloliter. Kemarin kami suplai ke SPBU Entrop sebanyak 16 kiloliter untuk Bio Solar dan 8 kiloliter untuk Dexlite. Hari ini kami kirim 16 kiloliter Bio Solar dan 16 kiloliter Dexlite. Intinya bahwa ketersediaan Bio Solar dan Solar aman," jelas Brasto.
 
Disinggung soal beberapa SPBU yang mengalami antrian pengguna Solar, Brasto mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena pihaknya sedang mengalihkan penjualan BBM bersubsidi tersebut.
 
"Terjadi over kuota sebesar 19,5 persen untuk Kabupaten Jayapura dan 31,1 persen untuk wilayah Kota Jayapura sehingga diperlukan pengendalian dan pengawasan dari berbagai pihak agar BBM Solar Subsidi dapat cukup hingga akhir tahun," ungkap Brasto.
 
Brasto merinci bahwa stok Bio Solar di Terminal BBM Jayapura sendiri berada di level aman yakni pada volume 3.397 KL (Ketahanan Stok 7 hari) dengan penyaluran rata-rata harian sebesar 556 KL.
 
"Dengan demikian dapat disampaikan bahwa Bio Solar di Kota dan Kabupaten Jayapura akan senantiasa dipasok dari Terminal BBM Jayapura," pungkas Brasto.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif