Illustrasi. MI/Amiruddin.
Illustrasi. MI/Amiruddin.

Diterjang Ombak Saat Melaut, Bapak dan Anak Hilang

Nasional nelayan tenggelam
Ahmad Mustaqim • 26 November 2019 22:51
Gunungkidul: Dua nelayan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta hilang usai diterjang ombak saat melaut pada Selasa, 26 November 2019. Dua nelayan berstatus bapak dan anak ini masih dalam pencarian.
 
Koodinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko mengatakan dua nelayan yang hilang itu yakni Deni Setiawan, 13, dan Pujiono, 40. Mereka merupakan warga Dusun Nglaban, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo.
 
Menurut Sunu, keduanya sempat bersama mencari ikan dengan seorang bernama Gusaji, 50. Saat itu Gusaji menebar jala untuk menangkap ikan. Tak lama setelah lepas dari pantai, ketiganya diterjang ombak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kapal yang dipakai terbalik di sebelah selatan Pantai Watu Lumbung, Desa Balong, Kecamatan Girisubo," kata Sunu dihubungi, Selasa, 26 November 2019.
 
Usai kapal terbalik, Gusaji dan Puji sempat berusaha saling menolong. Namun, Gusaji lebih dulu berhasil menyelamatkan diri lebih dulu berenang ke pinggir pantai.
 
Sementara, Pujiono yang hendak menolong Deni tidak berhasil. Keduanya lantas tenggelam.
 
"Dia (Gusaji) yang berhasil selamat lalu kasih tahu warga. Habis itu lapor ke petugas jaga dan tim SAR," kata dia.
 
Sunu mengatakan petugas gabungan menyisir dengan dua jukung di sekitar lokasi. Namun, tak membuahkan hasil hingga sore hari dan dihentikan sementara. Pencarian akan dilanjutkan esok hari. "Kapal yang terbalik sudah ditarik ke daratan," ujarnya.
 
Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto mengatakan pihaknya sudah mengerahkan sejumlah personel membantu pencarian. Ia berharap korban segera ditemukan.
 
"Tujuh personal kami ikut proses pencarian. Mereka ikut personel SAR Gunungkidul melakukan pencarian," ungkapnya.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif