Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 12 September 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 12 September 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

Menhub Apresiasi Desain Tiga Bandara Buatan Anak Negeri

Nasional bandara
Hendrik Simorangkir • 12 September 2019 20:22
Tangerang: Kementerian Perhubungan menggelar sayembara untuk desain di tiga bandara yang akan dibangun. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan nantinya pemenang karya tersebut akan dijadikan desain resmi pembangunan.
 
"Ini ada tiga bandara yang kita sayembarakan, yaitu di Ngeloram Cepu, Jawa Tengah, Bandara Dewadaru di Karimun Jawa dan bandara di Sukabumi," kata Budi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 12 September 2019.
 
Budi mengatakan progres untuk Bandara Ngeloram masih dalam penyelesaian lahan, namun untuk runway sudah jadi, dan terminal pun akan dibangun. Maka itu ditargetkan akhir 2020 sudah selesai dan beroperasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau untuk bandara di Karimun Jawa, sudah eksis tinggal membangun atau merenovasi ulang. Tinggal bongkar yang lama baru kita bangun. Ditargetkan 2021 selesai," ungkap Budi.
 
Lalu yang terakhir, Budi menjelaskan bandara di Sukabumi masih dalam tahap pembebasan lahan dan diprediksi beroperasi pada 2022. Sehingga secara bertahap Indonesia akan memiliki bandara baru lagi.
 
Budi memastikan bila hasil pembangunan tersebut merupakan karya asli anak bangsa atau buatan dalam negeri. "Dalam konteks ini saya ingin sampaikan, bandara-bandara ini sudah didesain oleh arsitek-arsitek Indonesia, tanpa kecuali," jelas Budi.
 
Budi berharap hal ini menjadi motivasi bagi arsitek-arsitek Indonesia untuk berkarya bagi bangsa. Gali kemampuan dan potensi diri sekaya mungkin, untuk kemudian dipakai oleh negara.
 
"Dengan begitu, arsitek asli Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri," pungkas Budi.
 
Sementara Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Banten Muqodas Syuhada, mengatakan para peserta yang mendaftar sebanyak 95 orang dan yang dipamerkan ada 15 desain di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
 
Muqodas mengaku senang karya desain anak negeri dihargai saat ini. "Kami senang sekali dengan kegiatan ini. Biasanya desain itu dilelang bukan sayembara. Kami senang dengan sayembara desain ini hasilnya lebih baik. Beda dengan pelelangan," kata Muqodas.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif